Validitas Modul Pelatihan Konsep Diri Sebagai Media Bimbingan Kelompok dalam Strategi Pencegahan Penyalahan Penggunaan Narkoba
Abstract
Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja terus menjadi masalah yang mengkhawatirkan, sehingga diperlukan strategi pencegahan yang efektif. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah melalui konselor sebaya Penggunaan konselor sebaya dapat menjadi pilihan untuk memberikan pendidikan dan dukungan kepada teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pelatihan konsep diri dan menguji validitasnya. Modul ini dirancang untuk membantu konselor sebaya dalam memahami pentingnya konsep diri serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi situasi berisiko.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan validasi oleh enam validator yang terdiri atas pakar dan praktisi pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ini memiliki 19 aspek yang dinyatakan valid dengan kategori kuat-kuat (D). Perhitungan validitas menggunakan rumus Gregory (2007) menghasilkan skor 1,0, yang menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi.
Meskipun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan, antara lain uji coba yang masih terbatas dan belum mengevaluasi dampak jangka panjang modul terhadap perubahan perilaku konselor sebaya. Oleh karena itu, penelitian lanjutan disarankan untuk menguji efektivitas modul dalam skala yang lebih luas serta mengeksplorasi potensi pengembangan modul dalam bentuk digital atau multimedia guna meningkatkan aksesibilitas dan dampaknya terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.
Kata Kunci: Expert judgement; Konsep Diri; Narkoba