Hubungan antra Adversity Quotient dengan Adaptablity Career Siswa Kelas XII Di SMK Negeri 5 Surakarta

Authors

  • Eka Purwati UIN Raden Mas Said Surakarta,Indonesia
  • Maharani Tyas Budi Hapsari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Abstract

Siswa memiliki tugas perkembangan dalam mencapai karir yang diinginkan, sehingga dalam menjalankan tugas perkembangan tersebut siswa akan menemui beberapa permasalahan. Kemampuan adversity quotient merupakan salah satu yang harus dimiliki seorang siswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam karir sehingga siswa dapat memiliki kemampuan adaptability career. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat hubungan antara adversity quotient dengan adaptability career pada remaja Sekolah Menengah Kejuruan. Metode yang digunakan yakni kuantitatif korelasional dengan teknik incendental sampling. Skala yang digunakan merupakan hasil modifikasi dari Skala adversity quotient dan Skala CAAS yang diberikan kepada responden sebanyak 120 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Analisis data menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansi 0.672, maka hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Maknanya, adversity quotient siswa kelas XII di SMK N 5 Surakarta memiliki hubungan yang positif dengan career adaptability, begitupun sebaliknya.

Kata Kunci: Adaptabilitas Karir; Kecerdasan Adversitas; Siswa

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Purwati, E. ., & Budi Hapsari, M. T. . (2025). Hubungan antra Adversity Quotient dengan Adaptablity Career Siswa Kelas XII Di SMK Negeri 5 Surakarta. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 8(1), 13–27. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/3818

Issue

Section

Artikel