Pendampingan Belajar dari Rumah di Dusun Darungan Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.56013/jak.v2i1.1400Keywords:
Pendampingan, Belajar, Rumah BimbelAbstract
Program pendampingan belajar dari rumah menjadi salah program yang manfaatnya sangatlah bisa dirasakan secara langsung. Program ini dilakukan di Dusun Darungan Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Meski demikian, terkadang ada beberapa siswa yang berasal dari luar dusun bergabung dalam program ini karena secara kebetulan adalah kerabat dari teman-temannya. Program ini dilaksanakan di rumah peneliti setiap dua kali dalam seminggu pada malam selasa dan jum’at, terkadang juga dirumah-rumah siswa. Dalam kegiatan ini biasanya anak-anak lebih suka menyodorkan tugas yang diberikan oleh gurunya untuk meminta keterangan yang lebih jelas, jarang sekali yang sebelumnya telah menyiapkan bahan sendiri. Untuk memberikan pemahaman yang lebih kepada anak-anak, peneliti biasanya membuatkan soal tambahan untuk dikerjakan oleh anak-anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini terlaksananya Program pendampingan belajar dari rumah dengan baik dan benar. Hambatan dalam melaksanakan program diantaranya yaitu tidak stabilnya peserta yang hadir, pernah suatu waktu yang hadir hanya satu anak, sehingga membuat dia kurang semangat karena tidak ada temannya. Hambatan lainnya juga kurangnya kondusifitas kegiatan yang disebabkan oleh anak-anak yang suka bergurau dan kurang serius dalam belajar. Namun untuk menghadapi hambatan tersebut, peneliti memiliki solusi yaitu dengan memberikan soal melalui whatsapp agar anak-anak tetap bisa mengerjakan tugas di handphone, dan memberikan ice breaking di sela-sela kegiatan belajar dan hadiah untuk aktif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Zainudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.