Pendampingan Guru Paud Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis digital di Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.56013/jak.v2i2.1639Keywords:
Pembelajaran Berbasis Digital, Guru Paud, Pengembangan Perangkat lunakAbstract
Pengabdian masyarakat ini berangkat dari realita yang terjadi dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) yang masih terbatas dalam metode face to face basic ceramah atau bermain. Untuk selanjutnya permasalahan ini kemudian memberikan pola yang cenderung saklek pada perkembangan peserta didik yang masih dalam tahap pembentukan psikomotorik. Disamping problem diatas, perkembangan dunia teknologi semakin memberikan tantangan besar untuk mampu memanfaatkan dunia digital menjadi model pengembangan metode pembelajaran yang efektif dan efisien, hingga peserta didik mampu memanfaatkan beberapa komponen digital menjadi materi yang harus difahami. Pendampingan ini dilakukan dengan metode partisipation action research (PAR) yang melibatkan pendamping berperan aktif secara langsung pada obyek dampingan dengan alat peraga atau praktikum secara langsung. Harapan utama pendampingan ini, para guru PAUD di wilayah Kota Metro mampu memahami dan mengimplementasikan Metode Digital di seluruh PAUD kota Metro. Secara aplikatif pemdampingan diharapkan juga mampu memberikan dampak yang cukup signifikan dengan memanfaatkan dunia digital menjadi bahan ajar. Hingga peserta didik mampu memanfaatkan digital untuk sesuatu yang lebih bermanfaat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ari Rohmawati, Leli Ferteliana Dea, Virantika Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.