Pendampingan Guru Paud Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis digital di Kota Metro

Authors

  • Ari Rohmawati IAIMNU Metro Lampung, Indonesia
  • Leli Ferteliana Dea, Virantika Wati Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jak.v2i2.1639

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Digital, Guru Paud, Pengembangan Perangkat lunak

Abstract

Pengabdian masyarakat ini berangkat dari realita yang terjadi dalam pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) yang masih terbatas dalam metode face to face basic ceramah atau bermain. Untuk selanjutnya permasalahan ini kemudian memberikan pola yang cenderung saklek pada perkembangan peserta didik yang masih dalam tahap pembentukan psikomotorik. Disamping problem diatas, perkembangan dunia teknologi semakin memberikan tantangan besar untuk mampu memanfaatkan  dunia digital  menjadi  model  pengembangan  metode pembelajaran yang efektif dan efisien, hingga peserta didik mampu memanfaatkan beberapa komponen digital menjadi materi yang harus difahami. Pendampingan ini dilakukan dengan metode partisipation action research (PAR) yang melibatkan pendamping berperan aktif secara langsung pada obyek dampingan dengan alat peraga atau praktikum secara langsung. Harapan utama pendampingan ini, para guru PAUD di wilayah Kota Metro mampu memahami dan mengimplementasikan Metode Digital di  seluruh  PAUD  kota  Metro.  Secara  aplikatif  pemdampingan  diharapkan  juga mampu memberikan dampak yang cukup signifikan dengan memanfaatkan dunia digital menjadi bahan ajar. Hingga peserta didik mampu memanfaatkan digital untuk sesuatu yang lebih bermanfaat

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Rohmawati, A., & Virantika Wati, L. F. D. (2022). Pendampingan Guru Paud Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis digital di Kota Metro. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 49–64. https://doi.org/10.56013/jak.v2i2.1639

Issue

Section

Articles