Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

indonesia

Authors

  • Abdur Rohim Universitas Islam Jember

Abstract

Karakter adalah mustika hidup yang membedakan manusia dengan binatang. Manusia tanpa karakter adalah manusia yang sudah “membinatang”. Orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat begitu urgennya karakter, maka institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban atas masalah yang dirumuskan di atas yaitu; untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah Membentuk Karakter Siswa Di Mi Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Untuk mengetahui penanaman karakter religius melalui kegiatan shalat dhuha berjamaah Membentuk Karakter Siswa Di Mi Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengeni fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Dan dalam penulisan ini peneliti menggunakan metode observasi pendekatan secara langsung, Sehingga dapat disimpulkan apa saja kekurangan dan masukan yang dapat diambil dari penelitian tersebut, dan juga dapat dirasakan apa manfaat dari penelitian yang dilakukan di MI Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

  

Key Words: Sholat Dhuha Berjamaah, Karakter Siswa.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Rohim, A. (2023). Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember: indonesia. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 14–30. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1202

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar