Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung

indonesia

Authors

  • Luthfiyah Luthfiyah Universitas Islam Jember

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam dan bahasa Al-Qur’an. Kita tidak akan bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bekal bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap berbagai permasalahan agama.

Berdasarkan fakta tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Silent Way Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penerapan Metode Silent Way dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karang Semanding Balung Jember Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Metode ini mengakui adanya kemampuan peserta didik dalam mempelajari dan mengingat informasi tanpa verbalisasi (penjelasan detail dari guru) dengan bantuan minimal dari guru.

Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Metode Silent Way merupakan serangkaian dari metode inovatif untuk menjadikan sebuah pembelajaran menjadi aktif dan menarik Kedua, Metode ini mampu melengkapi siswa dengan keterampilan berbahasa Asing secara lisan dan memperkuat kepekaan menyimak.

Ketiga, Metode ini juga mampu menghilangkan anggapan siswa tentang sulitnya belajar bahasa Arab.

 

Key Wods: Bahasa Arab, silent way.

Downloads

Published

2023-01-03

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar