Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Darul Muhyiddin Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember
indonesia
Abstract
Pemilihan media pembelajaran yang tepat juga disesuaikan dengan karakteristik siswa SD atau MI yaitu: usia 7 sampai 12 tahun. Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalah penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di MI Darul Muhyiddin Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di MI Darul Muhyiddin Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan media gambar pada pemberian materi ajar mata pelajaran IPS. Pengingkatan tersebut terjadi dari yang awalnya siswa itu cenderung kurang aktif karena jenuh dan bosan mendengarkan guru menjelaskan saja menggunakan ceramah tanpa diringi media yang tepat. Penggunaan media gambar dapat menjadi alternative yang digunakan sehingga kemudian siswa senang dan lebih aktif dalam belajar.
Key Words: Media Gambar, Mata Pelajaran IPS.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syariatul qoiyimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.