Tradisi Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar sebagai Pembinaan Akhlakul Karimah pada Siswa di MIMA 34 Hasyim Asy’ari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam bagaimana pembinaan akhlakul karimah. (2) Bagaimana Proses Pembiasaaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar dalam membina akhlakul karimah. (3) Faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar dalam membina akhlakul karimah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang tempat MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu dengan metode pemilihan subjek penelitian atau informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara mendalam, observasi Partisipatf dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan dengan wawancara). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Pembinaan akhlakul karimah yang dilakukan di MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu dilakukan dengan berbagai cara dan metode. (2) Pelaksanaan program pembiasaan membaca Al-Qur’an di MI 34 Hasyim Asy’ari Pontang Ambulu ini berjalan kurang lebih sudah 10 tahun lamanya. (3) faktor pendukung dari pelaksananaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar adalah adanya keinginan dari kepala sekolah dan orang tua siswa untuk mengenalkan kepada siswa agar siswa senantiasa dekat dengan ayat-ayat Al-Qur’an, sebelum memulai aktifitas di pagi hari.(4) Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari faktor internal dan eksternal.
Key Words: Tradisi Membaca Al-Qur’an, Pembinaan Akhlakul Karimah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Zainudin, Ida Nafi'atul Ulum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.