Home Visit Method sebagai Upaya Mengatasi Ketertinggalan Belajar Siswa dalam Kondisi Pandemi Covid-19 di MI Mambaul Ulum Ledok Sidomukti Mayang Jember

Authors

  • Prima Cristi Crismono Universitas Islam Jember
  • Nur Ali Universitas Islam Jember
  • Maysaroh Maysaroh Universitas Islam Jember

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah implementasi dan evaluasi hasil penggunaan metode home visit dalam mengatasi ketertinggalan belajar siswa di MI Mambaul Ulum, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data di peroleh dari Obervasi, Wawancara dan Dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan home visit method di MI Mambaul Ulum. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang di gunakan berupa pdoman observasi, pedoma wawancara. Berdasarkan temuan peneliti secara menyeluruh bahwa hasil yang di peroleh baik melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa home visit method pada peserta didik kelas 5 MI Mambaul Ulum sudah dapat di katakan baik. Pelaksanaan home visit method ini terdapat tiga tahapan yaitu: yang pertama tahap persiapan dimana seorang guru mempersiapkan kebutuhan dalam pelaksanaan home visit method seperti perangkat pemelajaran dan lain-lain, kemudian guru menyusun jadwal pelaksanaan dan mengubungi wali siswa untuk meminta persetujuan. Kedua yaitu tahap pelaksanaan dimana seorang guru melaksanakan tugasnya untuk memberikan pemahaman terhadap peserta didik, yang terkhir dalam pelaksanaan home visit method adalah tahapan evaluasi pembelajaran, dimana seorang guru memberikan tugas untuk di kerjakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik.

 

Key Words : Metode Home Visit, Belajar siswa

Author Biography

Prima Cristi Crismono, Universitas Islam Jember

Fakultas Tarbiyah UIJ

Published

2023-04-13

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar