PERAN GURU MATA PELAJARAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM TERPADU IBNU KATSIR JEMBER

Authors

  • Moh. Qurtubi Universitas Islam Jember
  • Muamar Khodani Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v8i1.2292

Keywords:

Guru; Pembelajaran Ahklak; Karakter; Sopan Santun

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui peran guru mata pelajaran akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik SMK Islam Terpadu Ibnu Katsir Jember Tahun pelajaran 2020/2021, mengetahui strategi guru mata pelajaran akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik dan implikasi keteladanan guru mata pelajaran akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik di SMK Islam Terpadu Ibnu Kasir Jember. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru akhlak, kepala sekolah, wali kelas dan peserta didik di smk islam terpadu ibnu katsir rembangan arjasa jember. Dalam pengambilan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumenta. Teknik analisis data yang menggunakan deskriptif kualitatif. Analisis deskritif kualitatif adalah suatu analisis data yang digunakan untuk mengungkap fakta, keadaan, kondisi suatu objek penelitian berdasarkan sumber yang akurat dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru mata pelajaran akhak dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik di smk islam terpadu ibnu katsir. Nilai Nilai yang terbentuk pada peserta didik di smk islam terpadu yaitu Berkata yang sopan dan lemah lembut, menebarkan salam, senantiasa tersenyum, Ta’dzim dengan menghormati guru dan mencium tangan guru, senantiasa menyebarkan salam, makan dan minum dengan tangan kanan dan dalam posisi duduk, mentaati tata tertib sekolah dan disiplin. Strategi guru akhlak dalam pembentukan karakter sopan santun peserta didik smk islam terpadu Ibnu katsir dengan cara membiasakan peserta didik dengan berakhlaqul karimah, senantiasa memberikan motivasi, memberikan teguran langsung, menciptakan suasana yang kondusif dan memberikan contoh atau suri tauladan tentang akhlak yang baik.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Qurtubi, M., & Khodani, M. . (2023). PERAN GURU MATA PELAJARAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM TERPADU IBNU KATSIR JEMBER. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 53–64. https://doi.org/10.56013/alashr.v8i1.2292

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar