PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TAUHID DALAM KITAB DURUSUL AQOID DINIYAH JUZ 2 DI MADRASAH TAKMILIYAH ZAIDUL ALI SUKOREJO SUKOWONO JEMBER

Authors

  • Jasuli Jasuli Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.3013

Keywords:

Penerapan Metode; Everyone Is A Teacher Here; Minat Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode pembelajaran "Everyone Is A Teacher Here" dalam meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa pada mata pelajaran pembelajaran kitab Durusul Aqoid Diniyah Juz 2 Di Madrayah Takmiliyah Zaidul Ali Sukorejo Sukowono Jember. Metode "Everyone Is A Teacher Here" merupakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang menempatkan setiap siswa dalam peran sebagai pengajar untuk berbagi pengetahuan mereka dengan teman-teman sekelas. Metodologi penelitian ini menggunakan kualilatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here dinilai mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa karena terbilang tidak menoton. Dari segi evaluasi metode ini mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakakan pendapat. signifikan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa lebih terlibat dalam diskusi kelas dan lebih percaya diri dalam berbagi pengetahuan mereka. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran juga meningkat, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata siswa dalam tes setelah penerapan metode ini. Respon siswa terhadap metode ini juga positif, dengan mayoritas siswa menyatakan bahwa mereka merasa lebih termotivasi dan senang belajar dengan metode ini.

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Jasuli, J. (2024). PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TAUHID DALAM KITAB DURUSUL AQOID DINIYAH JUZ 2 DI MADRASAH TAKMILIYAH ZAIDUL ALI SUKOREJO SUKOWONO JEMBER. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 60–74. https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.3013

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar