IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MINI ZOO DALAM MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN SECARA GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

Authors

  • Sri Rahmadani Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Muhammad Suwignyo Prayogo Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v10i1.3365

Keywords:

media pembelajaran; diorama mini zoo; minat belajar

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial atau yang sering disebut IPAS merupakan mata pelajaran yang diintegrasikan antara ilmu alam dan sosial. IPAS hanya berlaku pada Kurikulum Merdeka. Dalam mata pelajaran IPAS sendiri terdapat materi-materi yang didalamnya sulit dimengerti apabila tidak diterapkannya media pembelajaran sehingga minat siswa dalam mata pelajaran IPAS sangat minim. Pada kondisi saat ini sangat penting penggunaan media pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik termotivasi dan menumbuhkan minat belajar. Penelitian ini akan meneliti implementasi media pembelajaran diorama mini zoo dalam materi perkembangbiakan hewan secara generatif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN Ajung 02 Kabupaten Jember. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan  melalui observasi kontribusi, wawancara keseluruhan, serta analisis dokumen. Validitas dijamin melalui keakuratan data, sementara etika penelitian tetap dijaga selama proses penelitian.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Rahmadani, S. ., & Suwignyo Prayogo, M. . (2025). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA MINI ZOO DALAM MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN SECARA GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR . Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 82–92. https://doi.org/10.56013/alashr.v10i1.3365

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar