HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Sudirman Universitas Negeri Makassar
  • Muliadi Muliadi Universitas Negeri Makassar
  • Sunarti .B Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v10i1.3840

Keywords:

buku perpustakaan sekolah; prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e. Populasi berjumlah 135 siswa dari kelas tinggi, yaitu kelas IV, V, VI (A/B). Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,02 yang berarti < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima koefisien korelasi yaitu 0,40 yang berarti memiliki hubungan positif pada kategori cukup, sehingga disimpulkan bahwa hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca buku perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Sudirman, S., Muliadi, M., & .B, S. (2025). HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR . Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 17–26. https://doi.org/10.56013/alashr.v10i1.3840

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar