PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 23 JEPPE’E KABUPATEN BONE

Authors

  • Sitti Jauhar Universitas Negeri Makassar
  • Firdayanti Firdayanti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v10i1.3846

Keywords:

kstrakurikuler pramuka; perkembangan sosial

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e. Populasi berjumlah 70 siswa dari kelas IV, V, dan VI. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji independent sampel t-test post-test didapatkan nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel yaitu 13,275 > 2,001. Dibuktikan pula dengan uji paired sampel t-test pre-test dan post-test kelompok eksperimen didapatkan nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut, maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ekstrakurikuler pramuka terhadap perkembangan sosial siswa kelas tinggi SD Negeri 23 Jeppe’e Kabupaten Bone.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Jauhar, S. ., & Firdayanti, F. (2025). PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI 23 JEPPE’E KABUPATEN BONE. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.56013/alashr.v10i1.3846

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar