PENDIDIKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • achmad

Abstract

Fenomena perkembangan abad mutakhir menghendaki adanya suatu sistem pendidikan yang komprehensif. Karena perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan peserta didik yang dilaksanankan secara seimbang antara nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kemampuan komunikasi dan kesadaran akan ekologi lingkungan. Dengan kata lain, seimbang antara iptek dan imtaq. Untuk mewujudkan kemajuan dibidang Iptek manusia perlu mengasah dan mengembangkan potensi akalnya yaitu mengasah kecerdasan intelektualnya IQ (Intelektual Quotient), sedanghkan untuk mewujudkan Imtaq ia harus mengasah potensi EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient) yang ada didalam dirinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian library research. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan study dokumentasi. Di analisis dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Keabsahan data dicapai dengan menggunakan triangulasi dan pengamatan secara tekun. Hasil Penelitian ini adalah ESQ Model adalah sebuah mekanisme sistematis untuk mengatur ketiga dimensi manusia, yaitu body, mind dan soul atau dimensi fisik, mental dan spiritual dalam satu kesatuan yang integral. Sederhananya, ESQ berbicara tentang bagaimana mengatur tiga komponen utama, yaitu Iman, Islam dan Ihsan dalam keselarasan dan kesatuan tauhid.

Published

2024-06-28

How to Cite

faisol, achmad. (2024). PENDIDIKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 102–124. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/841

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar