PENERAPAN TEORI KOGNITIF SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI SD/MI (Analisis Pemikiran Albert Bandura)

Authors

  • sul

Abstract

Penelitian Bandura mencakup banyak masalah yang bersifat sentral untuk teori belajar sosial, dan lewat penelitian-penelitian itu teorinya dipertajam dan diperluas. Penelitian ini meliputi studi tentang imitasi dan identifikasi, Perkuatan Sosial, Perkuatan Diri dan Pemonitoran, serta Perubahan Tingkah Laku melalui pemodelan. Bersama Richard Wakters sebagai penulis kedua, Bandura menulis Adolescent Aggression (1959), suatu laporan terinci tentang sebuah studi lapangan dimana prinsip-prinsip belajar sosial dipakai untuk menganalisis perkembangan kepribadian sekelompok remaja pria delinkuen dari kelas menengah,
disusul dengan Social Learning and personality development(1963), sebuah buku dimana ia dan Walters memaparkan prinsip-prinsip belajar sosial yang telah mereka kembangkan beserta evidensi atau bukti yang menjadi dasar bagi teori tersebut. Pada tahun 1969, Bandura menerbitkan Principles of behavior modification, dimana ia menguraikan penerapan teknik-teknik behavioral berdasarkan prinsip-prinsip belajar dalam memodifikasi tingkah laku dan pada tahun 1973,”Aggression: A social
learning analysis.

Published

2024-06-28

How to Cite

astri, sul. (2024). PENERAPAN TEORI KOGNITIF SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI SD/MI (Analisis Pemikiran Albert Bandura). Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 125–141. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/842

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar