PENGARUH POSSING PROBLEM BERKELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Prima Cristi

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai dunia pendidikan.Kesalahan menggunakan model dan metode belajar menghambat tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan.Perlu adanya model pembelajaran yang baru selain model pembelajaran konvensional yaitu Model Pembelajaran Possing Problemberkelompok. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing
Problem Berkelompok dengan metode ceramah. Kemudian juga untuk mengetahui hasil belajar mana yang lebih tinggi. Pokok bahasan diambil dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Penelitian ini mnggunakan eksperimental. Jenis dari penelitian ini adalah komparatif, dimana membandingkan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperien dengan kelas control. Desai yang digunakan adalah True Eksperimen Desain.Metode pengumpulan data menggunakantes, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat perbedaan. Perhitungan penelitian ini dilakukan dengan Uji-t, hasinya t-hitung 1.877,t-tabel 1.671 dengan taraf signifikansi 5%diperoleh bahwat-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah.Dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok menunjukan lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
ceramah.

Published

2021-01-11

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar