PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIMA 24 MIFTAHUL ULUM TEGALREJO SABRANG AMBULU JEMBER

Authors

  • moh

Abstract

Make a Match merupakan metode pembelajaran aktif yang
menyenangkan bagi peserta didik, yang berupa pembagian kartu
yang masing - masing berupa soal dan yang satu berupa jawaban.
peserta didik diharapkan dapat menemukan jawaban atas soal yang
dipegang sebelum batas waktu yang ditentukan. Penelitian ini
mengunakan penelitian tidakan kelas (Class ActionResearch) sebanyak
dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan
(planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi
(reflection), Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan
kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan datanya
menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang digunakan dengan menerapkan model make a match,
sangat disukai peserta didik dan memberi semangat peseta didik
dalam pembelajaran Bahasa Arab serta dapat meningkatkan hasil
belajar Bahasa Arab peserta didik Kelas IV MIMA 24 Miftahul Ulum
tegalrejo Sabrang Ambulu Jember

Published

2023-01-06

How to Cite

Mudlofir, M. (2023). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIMA 24 MIFTAHUL ULUM TEGALREJO SABRANG AMBULU JEMBER . Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 67–95. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/879

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar