PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MIMA 24 MIFTAHUL ULUM TEGALREJO SABRANG AMBULU JEMBER
Abstract
Make a Match merupakan metode pembelajaran aktif yang
menyenangkan bagi peserta didik, yang berupa pembagian kartu
yang masing - masing berupa soal dan yang satu berupa jawaban.
peserta didik diharapkan dapat menemukan jawaban atas soal yang
dipegang sebelum batas waktu yang ditentukan. Penelitian ini
mengunakan penelitian tidakan kelas (Class ActionResearch) sebanyak
dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan
(planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi
(reflection), Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan
kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan datanya
menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian yang digunakan dengan menerapkan model make a match,
sangat disukai peserta didik dan memberi semangat peseta didik
dalam pembelajaran Bahasa Arab serta dapat meningkatkan hasil
belajar Bahasa Arab peserta didik Kelas IV MIMA 24 Miftahul Ulum
tegalrejo Sabrang Ambulu Jember
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.