PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH TERHADAP ANAK DI DUSUN BREGOH JEMBER
Abstract
Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak yang ditemukan
bibit-bibit faham-faham radikalisme khusunya pada remaja yang
bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam, seperti terorisme, faham
khilafah. Dalam mengantisipasi agar anak-anak tidak terpengaruh dalam
arus radikal, radikal ialahorang Islam yang mempunyai pikiran yang kaku
dan sempit dalam memahami Islam, serta bersifat eksklusif dalam
memandang agama-agama lainnya. Maslah penelitian ini adalah
bagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai aswaja annahdliyah terhadap anak di dusun bregoh? Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan
(field risearch). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (a) keluarga
terlebih dahulu memberikan contoh rutinitas dalam kehidupan sehari-hari,
kemudian lingkungan society si anak kemudian sosial masyarakat (b)
diberikan wawasan melalui kitab-kitab kuning seperti risalah aswaja dan
fatqul qorib pendidikan tasamuh ditekan pada sikap dan karakter anak (c)
dimulai dari pendidikan orang tua kemudian ustad-ustad ditekankan pada
aqidah anak yaitu aqidah ahlussunah waljamaah annahdliyah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.