PERAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MTs. ANNIDHOM GLADAK PAKEM KECAMATAN SUMBERSARI JEMBER
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran guru
dalam upaya meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha, dengan fokus
pada masalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam
upaya meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha; (2) Bagaimana
program kegiatan shalat Dhuha dalam upaya meningkatkan
pembiasaan shalat Dhuha; (3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan shalat
Dhuha dalam upaya meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data
deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka.
Sumber data sekaligus informan adalah kepala Madrasah Tsanawiyah
(MTs.) Annidhom, dewan guru, serta pihak-pihak yang terkait dalam
penelitian ini bila diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan beberapa tekhnik yakni dengan melalui observasi,
interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data
peneliti menggunakan tekhnik analisis data deskriptif kualitatif. Dari
hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa peran guru dalam upaya
meningkatkan pembiasaan shalat Dhuha di MTs. Annidhom Gladak
Pakem Sumbersari belum berjalan dengan efektif disebabkan masih
adanya siswa yang melanggar untuk tidak mengikuti kegiatan shalat
Dhuha. Dalam hal ini disarankan agar guru lebih perhatian dan lebih
memperketat peraturan lagi terhadap siswa-siswinya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.