PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN SKI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI BUSTANUL ULUM LANGKAP BANGSALSARI JEMBER
Abstract
Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu
permainan gerak yang didalamnya terdapat aturan, tujuan dan
sekaligus melibatkan unsur bahagia. Dalam pembelajaran ini para
peserta didik dibagi menjadi tiga kelompok kemudian masing–masing
kelompok memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara
bersama-sama para peserta didik dapat mengeksplorasi perasaan,
sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah dalam
pembelajaran.Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalah
ingin mendeskripsikan penerapan model pembelajran Role Playing
untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran SKI. Permasalahan tersebut peneliti konsen meneliti dan
mengkaji secara mendalam dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, interview, tes dan dokumentasi. Analisa data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tes
merupakan tes formatif pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas saat
pelaksanaan pre tes mencapai 55,47. Aktivitas belajar siswa selama
proses pembelajaran pada siklus I mencapai nlai rata-rata 78,83. Pada
siklus II terlihat siswa lebih aktif ketika pembelajaran. Perolehan nilai
rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 92,50 dan telah
mencapai kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Hal ini menunjukkan
terjadinya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik.
Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan
pemahaman siswa kelas III pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam sub bab masa kanak-kanak nabi Muhammad SAW di MI
Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.