RAGAM BAHASA DALAM AKTIVITAS JUAL BELI PADA PASAR TRADISIONAL, PASAR MODERN, DAN DARING DITINJAU DARI KELAS SOSIAL
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
adanya perbedaan ragam bahasa yang digunakan dalam proses transaksi
jual beli pada pasar tradisional, pasar moder, dan pasar online ditinjau
dari kelas sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif
kualitatif. Sumber data penelitian adalah ujaran lisan maupun tulis
masyarakat pengguna bahasa, sedangkan data penelitiannya berupa
kalimat-kalimat proses jual beli serta bentuk kata sapaan. Lokasi
penelitian dilakukan di pasar tradisional Jember, pasar modern di
kawasan kabupaten Jember, serta memanfaatkan media sosial berupa
facebook dan instagram. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi. Analisis data dilakukan dalam beberapa tahapan, (1) reduksi
data, (2) menyajikan dan memaparkan data, (3) penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini adalah pertama, tentang penggunaan bahasa pada
pasar tradisional adalah cenderung digunakannya bahasa daerah baik
bahasa Jawa ataupun Madura. Bentuk sapaan antara penjual dengan
pembeli menggunakan sapaan pada umumnya yakni Mas, Mbak, Pak,
Bu. Kedua penggunaan bahasa pada pasar modern di kawasan
Kabupaten Jember adalah antara pembeli dengan pramuniaga
menggunakan bahasa Indonesia. Kata sapaan yang digunakan sama
dengan pasar tradisional yakni Mas, Mbak, Pak, Bu, Dek. Ketiga
penggunaan bahasa pada pasar online menggunakan bahasa Indonesia
dan diselingi dengan istilah-istilah asing, begitu pula dalam bentuk kata
sapaannya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.