Strategi Editing Iklan Dalam Mengembangkan Layanan Masyarakat (Studi Kasus di Lembaga Penyiaran Radio RSAL FM Nganjuk)
DOI:
https://doi.org/10.56013/mji.v2i2.3263Keywords:
Editing Iklan; Layanan Masyarakat; Lembaga PenyiaranAbstract
Editing adalah salah satu elemen penting yang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pembuatan iklan guna untuk merapikan dan membuat sebuah audio menjadi lebih berguna dan enak didengarkan. Penelitian ini ingin mencari bagaimana formulasi strategi editing iklan dan bagaimana implementasi strategi editing iklan serta Bagaimana evaluasi strategi editing iklan dalam mengembangkan layanan masyarakat di Radio RSAL FM. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berasal dari pendekatan interpretatif atau subjektif. Pendekatan interpretatif ini mempunyai dua varian, yakni kritis dan constructivism. Adapun penelitian ini berangkat dari pendekatan kritis sebagaimana analisis framing pada umumnya. Dengan metodologi kualitatif yang lebih menekankan pada persoalan kedalaman (kualitas) data bukan pada banyaknya (kuantitas) data. Berdasarkan data di lapangan, peneliti menemukan fakta bahwa Radio RSAL. FM Nganjuk dari penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan sudah sangat efektif. Iklan merupakan sebentuk penyampaian pesan sebagaimana kegiatan komunikasi lainnya. Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang penting sebagai alat pemasaran dalam membantu menjual barang, memberikan pelayanan, dan ide-ide melaui saluran tertentu atau gagasan dalam bentuk yang persuasif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftachul Aula, Sutamaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.