Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Instagram Perspektif mahasiswa Universitas Islam Jember

Authors

  • Samsul Amrizal Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/mji.v2i2.4050

Keywords:

Personal Branding; Komunikasi Politik; Instgaram

Abstract

Ganjar Pranowo adalah sosok politikus yang popular di kalangan masyarakat, karena selain sebagi Mantan Gubernur Jawa Barat, Ganjar Pranowo adalah salah satu kontestan Calon Presiden di 2024, Personal Branding Ganjar Pranowo melekat pada pengetahuan masyarakat termasuk anak muda di Indonesia. Media sosial Instagram adalah media yang sangat popular di kalangan anak muda, maka tak heran sosok politikus seperti Ganjar Pranowo membranding dirinya di Media Sosial Instagram agar mengangkat elektabilitasnya dan membangun kepercayaan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding Ganjar Pranowo dalam membangun komunikasi politik di media Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teori sudut pandang, dan subjek penelitian ini berupa mahasiswa FISIPUIJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif dari mahasiswa Fisip UIJ menggambarkan personal branding Ganjar Pranowo cenderung ke hal positif, terungkap dari 11 informan atau narasumber mendekripsikan Ganjar Pranowo membranding dirinya pada konteks positif.

Published

2024-12-15

How to Cite

Amrizal, S. (2024). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Instagram Perspektif mahasiswa Universitas Islam Jember. Medio Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.56013/mji.v2i2.4050

Issue

Section

Articles