Program Layanan Bimbingan Klasikal dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 : Literature Review

Authors

  • Elvia Khoiriyah Uin Sunan Ampel Surabaya,Indonesia
  • Zulfatul Azizah SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, Indonesia
  • Abdul Muhid Uin Sunan Ampel Surabaya,Indonesia

Abstract

Bimbingan konseling memiliki berbagai layanan untuk siswa yang mengalami masalah dalam sekolah atau kegiatan belajarnya disekolah. Namun, pada saat pandemi seperti ini baik guru maupun siswa harus menyesuaikan diri. Guru harus melakukan inovasi untuk tetap memberikan layanan sebaik mungkin agar berbagai masalah yang dihadapi siswa ketika dimasa pandemi ini dapat tereselesaikan dengan baik. Layanan bimbingan konseling dibagi menjadi dua yakni layanan bimbingan klasikal dan layanan bimbingan individu. Layanan klasikal adalahlayanan yang diberikan guru bimbingan konseling kepada siswa dalam jumlah satuan kelas atau bisa diartikan sebagai suatu layanan bimbingan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling/konselor kepada sejumlah peserta didik dalam satuan kelas yang dilaksanakan di ruang kelas. Disamping pelaksanaanya mudah, layanan ini juga dapat digunakan menggunakan media tertentu. Dan dengan layanan ini waktu yang digunakan lebih efisien dalam memotivasi siswa dalam hal belajar. Penelitian ini merupakan studi literatur atau literatur review dimana peneliti melakukan pengkajian terhadap penelitian-penelian sebelumnya.

Kata Kunci:Layanan klasikal; Media Audio Visual; Motivasi Belajar

 

 

 

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Khoiriyah, E., Azizah, Z., & Muhid, A. (2021). Program Layanan Bimbingan Klasikal dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 : Literature Review. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 11–19. Retrieved from http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/945

Issue

Section

Artikel