Determinasi Religiusitas, Kecerdasan Emosional, dan Dukungan Sosial terhadap Kecemasan Akademik Siswa

Authors

  • Ely Roy Madoni Universitas Darul Ulum Jombang, Inodonesia
  • Abidatul Mardliyah Institut Agama Islam Bani Fattah, Indonesia

Abstract

Kecemasan merupakan perasaan campuran berisikan ketakutan dan keprihatinan mengenai masa-masa mendatang tanpa sebab. Timbulnya  kecemasan yang paling besar adalah pada saat siswa menghadapi tuntutan dan tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang apakah ada hubungan religiusitas, kecerdasan emosional dan dukungan sosial dengan kecemasan akademik siswa. Subyek penelitian adalah siswa SMK Negeri X Jombang yang diambil secara proportional stratified. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu skala religiusitas, skala kecerdasan emosi, skala dukungan sosial dan skala kecemasan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial.  Hasil penelitian menunjukkan religiusitas, kecerdasan emosional, dan dukungan sosial memberikan sumbangan 10,7% terhadap kecemasan akademik siswa. Dengan demikian 89,3% kecemasan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Siswa diharapkan mampu menerapkan religiusitas dalam kehidupan sehari-hari dan mengetahui serta mengarahkan segenap kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Sekaligus mampu menjalin hubungan sosial yang baik dengan lingkungan di sekitarnya.

Kata Kunci: religiusitas;kecerdasal-emosional; dukungan-sosial; kecemasan-akademik

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Ely Roy Madoni, & Abidatul Mardliyah. (2021). Determinasi Religiusitas, Kecerdasan Emosional, dan Dukungan Sosial terhadap Kecemasan Akademik Siswa. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 1–10. Retrieved from http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/964

Issue

Section

Artikel