Strategi Mind Mapping Kitab Fiqih Fathul Qorib Pada Bab Thaharah Kelas VI di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Amien Ambulu Jember

Authors

  • Jasuli Universitas Islam Jember
  • Aflach Wildani Universitas Islam Jember
  • Moch. Chotib MTs Unggulan Annur Wuluhan Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1227

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru  untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Maka salah satu usaha seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga hasil belajar juga akan meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, salah satunya adalah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan rangkaian dari sebuah proses pembelajaran dan merupakan salah satu suksesnya sebuah pembelajaran juga ditentukan tepatnya penggunaan pemilihan strategi. Oleh karena itu, strategi mind mapping sangat tepat dilaksanakan padapembelajaran kitab fiqih bab thoharah karena pada materi ini banyak sekali pembagian-pembagian sub babnya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive (bertujuan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pernyataan Miles dan Huberman dengan langkah langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan trianggulasi sumber dan teknik.

 

Kata Kunci: Mind Maping, Kitab Fathul Qorib, Thaharah

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Jasuli, Aflach Wildani, & Moch. Chotib. (2022). Strategi Mind Mapping Kitab Fiqih Fathul Qorib Pada Bab Thaharah Kelas VI di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Amien Ambulu Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 15–36. https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1227