Analisis Perekrutan Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Authors

  • Luluk Navisatuzzuhro Universitas Islam Jember
  • Alwi Alkaff Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v8i1.1032

Abstract

Partai politik merupakan salah satu  tempat yang tepat untuk proses rekrutmen politik,dalam rangka mengorganisir kekuasaan secara demokratis. Dalam literatur-literatur ilmu politik di jelaskan bahwa partai politik memiliki beberapa fungsi seperti: Sarana Politik,Sarana sosialisasi dan pendidikan politik,Sarana rekrutmen politik,Sarana peredam dan pengatur konflik. Rekrutmen politik merupakan sebuah proses awal yang akan sangat menentukan kinerja perlemen (legislatif). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimanaPerekrutan Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera. DPD Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Perekrutan Caleg dari Partai Keadilan Sejahtera. DPD kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi,dan dokumentasi.

Dari Penelitian ini memperoleh hasil yang dapat di tunjukan bahwa Analisis Perekrutan Calon Legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera DPD Jember  menggunakan item 1). Mekanisme Rekrutmen calon Legislatif DPD  PKS Jember 2). Syarat-syarat dalam Proses Perekrutan Caleg 3).Macam-macam Kalangan dalam Perekrutan Caleg 4). Proses Pendaftaran Caleg 5). Pihak-pihak yang berwenang dalam perekrutan caleg 6). Proses penetapan Caleg  7).Faktor pendukung dan penghambat dalam perekrutan caleg 8). Jangka waktu dalam Perekrutan caleg  9). Biaya pengeluaran Caleg 10). Perolehan Kursi di parlemen dalam pemilu 2019 .

Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tahap rekrutmen calon  anggota Legislatif melalui partai politik pada pemilu 2019 di partai PKS dilakukan oleh tim pemenangan pemilu yang di sebut Tim Penjaringan.Tim penjaringan merekrut kader dengan dua sumber yaitu Eksternal dan Internal. Sumber eksternal berasal dari masyarakat yang bukan kader partai sedangkan sumber Internal merupakan kader dari partai PKS sendiri.

 

Kata Kunci:Partai Politik, Rekrutmen Politik,Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

 

 

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles