Pengaruh Media Komunikasi Smartphone terhadap Interaksi Sosial Pelajar ( Studi Deskripsi Kuantitatif pada Pelajar SMK Astra Nawa Ambulu)

Authors

  • Djoko Supriatno
  • Imam Romadhon

Abstract

Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat membuat peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Teknologi komunikasi dalam wujud smartphone ini merupakan fenomena yang paling  unik  dan  menarik  dalam  penggunaannya.  Dalam  hal  tersebut, perkembangan teknologi bisa mempengaruhi cara berinteraksi sosial dari para individu yang menggunakannya. Smartphone yang didalamnya terdapat berbagai jenis program aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar dua orang atau lebih yang dapat saling berinteraksi melalui komputer yang berbeda. Yang dimaksud di sini bukanlah bagaimana dua mesin atau lebih dapat saling berinteraksi, namun bagaimana dua orang atau lebih dapat berkomunikasi satu dengan lainnya dengan menggunakan alat bantu komputer melalui program aplikasi yang ada pada komputer tersebut.

Dari perhitungan menggunakan rumusan korelasi product moment, secara operasional analisis data, ternyata angka korelasi antara variabel X dan variabel Y terdapat pengaruh yang signifikan atau sangat kuat, hal tersebut dibuktikan dengan memperhatikan besarnya rxy yang diperoleh yaitu sebesar 0, 970. Dari hasil dengan pengujian hipotesis, peneliti juga menemukan bahwabternyata rxy yang (besarnya = 0,970) adalah jauh lebih besar daripada “r” tabel (yang besarnya 0,297 dan 0,361). Karena rxy lebih besar dari “r” tabel, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak karena terdapat pengaruh yang signifikan antara smartphone dalam mempengaruhi interaksi sosial pelajar.

Author Biographies

Djoko Supriatno

Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

Imam Romadhon

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember

References

Jalaluddin Rakhmat, 1994, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakary

Mulyana, 2007: Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, 2007

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung:PT. Remaja Rosda Karya, 2010), Cet. XV, h. 87. Soekanto, Soerjono. 2005, Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarwono Jonathan, Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu, Cet. I, 2006.

Sudjiono, Anas, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi Jakarta: PT. Grasindo.

Internet

www.Edukasi.Kompasiana.com, 27 November 2010

Menilik perkembangan smartphone dari masa ke masa, http://tekno.liputan6. com/ read/2669811

Pengertian interaksi sosial, http://belajarpsikologi.com

Uswatun, Dampak Positif dan Negatif HP bagi Pelajar, www.edukasi.kompasiana.com, Jakarta, 23 Desember 2011 Zambrana. A., “Pengertian Smartphone”,

Downloads

Published

2020-12-16

Issue

Section

Articles