Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP di Universitas Islam Jember

Authors

  • Alwi Alkaff

Abstract

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sekarang ini telah memberikan perubahan dalam dunia pendidikan, khususnya proses pembelajaran yang terbatas ruang kelas dengan jadwal yang sudah ditentukan, berkembang menjadi di manapun dan kapanpun. Pembelajaran yang biasanya melibatkan fasilitas berupa material/fisik seperti buku berkembang dengan memanfaatkan fasilitas jaringan kerja (network) dengan memanfaatkan teknologi komputer/ laptop dan internet.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif karena informasi atau data diwujudkannya dalam bentuk angka dan analisisnya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Jember  dengan subjek penelitian mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara yang masih aktif dengan jumlah sampel sebanyak 30 mahasiswa dari jumlah populasi 182 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa data kuantitatif yaitu menggunakan ChiKuadrat.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Islam Jember. Ditunjukkan dengan hasil X2 hitung adalah sebesar 4,464 dengan db (derajat bebas) = 1 dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) dalam tabel ChiSquare adalah sebesar 3,481 sehingga angka hitung lebih besar daripada angka tabel yaitu 4,464 > 3,481. Dengan demikian kesimpulannya menolak Ho dan menerima H1.

References

Aina Mulyana. 2012. Pengertian Hasil Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfebeta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, 1995. Metodologi Research Untuk Penelitian Paper, Skripsi, Tesis dan Desertasi. Yogyakarta. Andi Offset.

Mareta, Rose. 2012. Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2010). Skripsi. Yogyakarta.

Munir MIT. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oetomo, Budi. 2002. eEducation, Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta. Andi.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syaputra, Andri. 2005. Dampak Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Sumatra Utara. Skripsi. USU.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999 Tentang Tujuan Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dicky. 2004. Internet sbg Sarana Komunikasi Mahasiswa. http://www.stietrisakti.ac.id/forum/forum_posts.asp?TID=1.

Downloads

Published

2020-12-16

Issue

Section

Articles