Penerapan Pembelajaran Fikih dengan Metode Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI Bustanul Ulum Desa Kemiri Kecamatan Panti Jember

Authors

  • Fifin Fatimatul Zahro Universitas Islam Jember

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah (problem based instruction) adalah proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan sistemik untuk memecahkan masalah atau menghadapi tantangan yang akan diperlukan dalam kehidupan nyata. Hal ini juga dimaknai sebagai model pembelajaran yang menantang siswa agar belajar untuk bekerja sama dalam kelompok (kolektif-kolegial) untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata.

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok ialah ingin mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam ilmu fiqih dengan metode problem based instruction, penerapan metode problem based instruction di kelas VI MI Bustanul Ulum Kemiri Jember, dan hambatan yang terjadi dengan penggunaan metode problem based instruction dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengumpulan data dilakukan dengan pengamtan langsung oleh peneliti, interview, dokumentasi, serta dukungan referensi dari sumber primer, seperti data-data sekolah serta hasil test peneliti kepada siswa. Akhirnya data yang terkumpulkan kemudian dianilis menggunakan analisis data berupa penyajian data, reduksi data, verifikasi data serta rencana tindakan berupa siklus.

Dengan demikian, setelah analisis data dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang berangkat dari pemahaman siswa tentang suatu masalah, menemukan alternatif solusi atas masalah, kemudian memilih solusi yang tepat untuk digunakan dalam memecahkan masalah tersebut.

Key Words: Pembelajaran Fikih, Metode Problem Based Instruction

Published

2023-01-12

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar