- ADDITIONAL MENU
- Focus and Scope
- Peer Review Process
- About this Publishing System
- Journal History
- SK Pengelola Jurnal
al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Secara umum struktur penulisan artikel ilmiah Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar harus mengikuti prosedur di bawah:
Judul Artikel Harus Menarik, Maksimal 16 Kata Yang Menjelaskan Isi Artikel Secara Komprehensif, (GARAMOND 16
Nama Penulis 1, Nama Penulis 2, Nama Penulis 3 (Garamond 14)
1,2Universitas Afiliasi Penulis, Email: penulis@univ.ac.id 3 Universitas Afiliasi Penulis, Email: penulis@univ.ac.id (Garamond 11) 1 Spasi
Abstrak (Garamond 12, Spasi 1)
Abstrak ditulis dengan jelas dan lengkap, menggambarkan substansi keseluruhan tulisan, dituangkan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dengan satu paragraf, satu spasi, jenis huruf Garamond, 12 font, maksimal 200 kata dan disertai dengan 3-5 kata kunci (Kata kunci yang dipilih harus mencerminkan konsep yang terkandung dalam artikel). Abstrak terdiri dari komponen (1). Ide/Gagasan isu Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, (Bukan menuliskan latar belakang masalah secara singkat), (2). Tujuan penelitian, (3). Metode Penelitian (cukup sebutkan jenis penelitian tanpa perlu menambahkan komponen lain dan penjelasannya), (4). Hasil penelitian (mendapatkan tempat lebih banyak untuk dijelaskan).
Kata Kunci (Garamond 12)
Minimal 3 dan Maksimal 5 kata kunci yang disusun dipisahkan (;)
PENDAHULUAN; Garamond 12pt, Bold, Kapital) 1,5 Spasi
Pendahuluan ditulis dalam bentuk narasi paragraf, tidak perlu menggunakan numbering, Pendahuluan ditulis dengan mengikuti kerangka penulisan yang diawali dari (1). Prolog/pengantar yang berkaitan dengan isu pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikemukakan. (2). Mengemukakan Landasan topik yang diangkat baik dalam perspektif normatif/yuridis/filosofis/psikologis (3). permasalahan penelitian (4). Benturan yang ada antara teori dengan permasalahan tersebut. (5). Rumusan masalah yang diajukan (6). Tujuan penelitian (7). Urgensi penelitian (apa pentingnya penulis mengangkat isu tersebut) (8). Penelitian terdahulu (Untuk penelitian terdahulu paling sedikit membandingkan 2 penulis terdahulu yang membahas kajian yang serupa, lalu bandingkan dengan penelitian ini, dimana letak Novelty/kebaruan penelitian ini dibanding dua penelitian terdahulu tersebut).
Penulisan artikel al-Ashr: jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar menggunakan format dokumen IMRaD = Introduction, Methods, Research and Discussion atau (Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan) dalam penulisan naskah. Format IMRaD ini sudah menjadi standar umum secara internasional dalam penulisan artikel ilmiah. Tujuan penggunakan format karena struktur IMRaD telah terbukti berhasil memfasilitasi tinjauan literatur, yang memungkinkan pembaca dapat melacak artikel dengan lebih cepat untuk menemukan materi yang relevan dengan tujuan mereka. Hal ini memungkinkan informasi yang paling relevan disajikan secara jelas dan logis kepada pembaca, dengan meringkas proses penelitian dengan urutan yang ideal dan tanpa perincian yang tidak perlu.
Penulisan artikel menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Gunakan menu Page Layout untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan yaitu A4, margin atau batas kanan-kiri 2,5 cm, atas 2,5 cm dan bawah 3,5 cm. Spasi 1,5 Jenis huruf yang digunakan adalah Garamond ukuran 12, dan untuk tulisan Arab dengan font Traditional Arabic 16pt, naskah minimal 15 dan maksimal memuat 20 halaman. Setiap data yang dikutip dari sumber lain, harus menyertakan sitasi dengan format APA 6th Style Edition
Format Tabel
Jika terdapat tabel, jarak antara row adalah 1 spasi, pada kategori tabel huruf ditebalkan (bold), dan penulisan sumber setelah tabel terakhir. Jika tabel bersambung ke halaman berikut blok row kategori tabel dengan kemudiak klik layout => repeat header rows seperti format tabel 1.
(1 spasi)
Tabel 1 Judul Tabel (justify)
No |
Uraian |
Uraian |
Uraian |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
Sumber:
(1 spasi)
Format Gambar
Jika terdapat gambar, grafik, diagram, dan yang serupa gunakan format dan wrap text gambar => in line with text atau menggunakan fitur text box, untuk kestabilan terhadap perubahan format dan pergesaran. Jarak antara kalimat terakhir dan sesudah gambar adalah 1 spasi. Gambar posisi center (tengah) seperti Gambar 1
(1 spasi)
Gambar 1. Judul Gambar (center)
Sumber: (center)
(1 spasi)
Format Sitasi
Untuk sitasi pada Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar menggunakan format APA 6th Style Edition dan disarankan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Mandeley. mohon perhatikan Author Guidelines yang kami sertakan. Sebelum mengirim artikel kami sarankan untuk menggunakan aplikasi cek plagiasi dengan similarity maksimal 25%, tidak termasuk Sitasi dan Referensi (Exclude) dengan filter 1% atau 3 kata.
METODE PENELITIAN; Garamond 12pt, Bold, Kapital) 1,5 Spasi
Pada bagian Metode Penelitian ditulis dalam bentuk narasi, tidak perlu menggunakan subjudul atau numbering. Metode berisi jenis metode atau jenis pendekatan yang digunakan, uraian data kualitatif dan/atau kuantitatif, prosedur pengumpulan data, dan prosedur Teknik analisis data. Secara sederhana, sampaikan cara ilmiah dalam mencari dan mendapatkan data dan memiliki kaitan dengan prosedur dalam melakukan penelitian dan teknis penelitian yang ditulis dengan bahasa jelas, padat, dan ringkas, tidak teoritis, tapi dengan penggunaannya secara praktis.
HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN; Garamond 12pt, Bold, Kapital) 1,5 Spasi
Hasil dan pembahasan memaparkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh. Berbagai fakta serta fenomena penting dapat dijabarkan lebih lanjut pada bagian ini. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan secara mendalam dengan menyampaikan temuan serta kepioniran gagasan dan signifikasinya. Hasil berisi jawaban dari permasalahan penelitian secara kuantitatif dan/atau kualitatif secara jelas, tepat, dan lengkap yang dapat menggunakan informasi dalam bentuk gambar/grafik/tabel/uraian secara aktual.
Pembahasan berisi ringkasan hasil penelitiannya, keterkaitan dengan konsep atau teori dan hasil penelitian lain yang relevan, interpretasi temuan, keterbatasan penelitian, serta implikasinya terhadap perkembangan konsep atau keilmuan.
SIMPULAN; Garamond 12pt, Bold, Kapital) 1,5 Spasi
Pada bagian ini merupakan jawaban dari tujuan penelitian secara jelas, sederhana, ringkas, tepat, padat, dan berisi, serta layak dipublikasikan dalam jurnal. Jangan mengulang abstrak, atau hanya daftar hasil dan pembahasan. Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, selain itu juga terdapat rekomendatif untuk langkah selanjutnya.
DAFTAR RUJUKAN (Garamond 12pt, Bold, Kapital) 1,5 Spasi
Refrensi mengacu pada APA 7th Style Edition, lihat www.apastyle.org. Pastikan bahwa setiap referensi yang dikutip di dalam naskah terdapat dalam referensi dan sebaliknya. Hindari self-citations berlebihan dan kutipan publikasi yang berlebihan dari satu sumber. Periksa setiap referensi terhadap sumber asli (nama penulis, volume, masalah, tahun, DOI Number). Silakan gunakan Aplikasi Referensi Manager seperti Mendeley, minimal 20 referensi dimana 70% di antaranya berupa artikel jurnal ilmiah nasional dan atau internasional terbaru minimal 5 Tahun.
Penulisan daftar referensi harus diurutkan menurut abjad dan secara kronologis berdasarkan tahun publikasi. Gaya ke-7 APA membutuhkan referensi untuk menjorok ke dalam seperti yang diilustrasikan di bawah ini dalam contoh. Untuk contoh beberapa artikel dengan penulis dan tahun publikasi yang sama, silakan lihat panduan lengkapnya. Jika Anda memiliki DOI/http untuk artikel jurnal, Anda harus memasukkannya ke dalam referensi, jika tidak, tidak perlu.
Book
Lumby, J. (2001). Who cares? The changing health care system. Sydney, Australia: Allen & Unwin.
Book Chapter
McKenzie, H., Boughton, M., Hayes, L., & Forsyth, S. (2008). Explaining the complexities and value of nursing practice and knowledge. In I. Morley & M. Crouch (Eds.), Knowledge as value: Illumination through critical prisms (pp. 209-224). Amsterdam, Netherlands: Rodopi.
Journal article
Boughton, M., & Halliday, L. (2008). A challenge to the menopause stereotype: Young Australian women's reflections of 'being diagnosed' as menopausal. Health & Social Care in the Community, 16 (6), 565-572. http://dx.doi.org/10.1111/j.1365-2524.2008.00777
Webpage with an author
Welch, N. (2000, February 21). Toward an understanding of the determinants of rural health. Retrieved from http://www.ruralhealth.org.au/welch.htm
Webpage with no author
ANCI national competency standards for the registered nurse and the enrolled nurse. (2000). Retrieved from http://www.anci.org.au/competencystandards.htm
Newspaper article
Bagnall, D. (1998, January 27). Private schools: Why they are out in front. The Bulletin, pp. 12-15.
Government publication
The Health Targets and Implementation (Health for All) Committee. (1988). Health for all Australians. Canberra, Australia: Australian Government Publishing Service.
Company and Industry Reports
Magner, L. (2016). IBISWorld industry report OD5381. Coffee shops in Australia. Retrieved from IBIS World database.
PENGECEKKAN PLAGIASI
Artikel yang masuk (Submit) akan dicek palgiasi (maksimal 25%) dengan bantuan aplikasi bebas plagiasi, selanjutnya akan menyesuaikan mekanisme pada manajerial OJS Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember.
Untuk Informasi lengkap penulisan di Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Dasar bisa dilihat di Template Journal
Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah
Universitas Islam Jember
Jl. Kyai Mojo No.101, Kaliwates Kidul, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68133 Tel / fax : (0331) 428 732 ; 0857 4632 4403 / (0331) 428 732