- Additional Menu
- Focus and Scope
- Peer Review Process
Author Guidelines
Secara umum struktur penulisan artikel ilmiah Jurnal Al-Ashr Pendidikan dan Pembelajaran Dasar harus mengikuti prosedur di bawah:
(Judul Artikel, Sekitar 16 Kata, dengan font Garamond 16, spasi 1)
Nama Penulis Pertama (Garamond 14)
(Institusi/Universitas) (Garamond 11, spasi 1)
Alamat e-mail (Garamond 11, spasi 1)
Nama Penulis Kedua, dan seterusnya (Garamond 14)
(Institusi/Universitas) (Garamond 11, spasi 1)
(Alamat e-mail) (Garamond 11, spasi 1)
Abstrak (Garamond 12, Spasi 1)
Abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris dalam satu paragraf, spasi 1 dengan gaya huruf miring, dan tidak lebih dari 200 kata. Abstrak bukan “pengantar” atau “kesimpulan” dari diskusi, namun terbatas pada: 1. Pertanyaan utama dan latar belakang masalah yang dibahas; 2. Posisi penelitian; 3. Bagaimana pertanyaan itu di bahas (metode); 4. Hasil utama diskusi/penelitian. Hal-hal penting lainnya yang dibahas dalam artikel yang memberikan kontribusi signifikan terhadap hasil penelitian dapat ditulis di sini, tetapi anda harus mempertimbangkan keterbatasan ruang yang tercantum dalam abstrak.
Kata Kunci (Garamond 12)
Kata kunci harus menghindari istilah umum. Kata atau istilah dalam judul tidak boleh dijadikan kata kunci. Kata kunci ini akan digunakan untuk keperluan pengindeksan. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dalam format bold dan italic (cetak tebal dan miring), tanda titik koma (;) dan merupakan substansi dari penelitian yang dilakukan maksimal 4 kata.
PENDAHULUAN;
Penulis harus mengikuti aturan penulisan, baik dari segi jenis huruf, ukuran, tata-letak, banyaknya kata, sistematika dan penulisan rujukan. Yang tidak kalah penting adalah bahwa tulisan mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia, menggunakan kosakata yang tepat dan mengikuti kaidah ilmiah dengan baik dan benar. Bagian pendahuluan dalam penulisan artikel Al-Ashr Jurnal Pendidikan Islam menggunakan font Garamond 12pt, spasi 1,15 dan dalam satu kolom. Dalam pendahuluan, penulis harus menjawab dua pertanyaan: 1. Mengapa penelitian penulis begitu penting untuk dijawab; dan 2. Bagaimana hubungan peneliti dengan penelitian terdahulu, serta bagaimana kontribusi penelitian penulis untuk perkembangan penelitian selanjutnya
Penulisan artikel menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Gunakan menu Page Layout untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan yaitu A4, margin atau batas kanan-kiri 3 cm dan atas-bawah 4 cm. Spasi 1,15. Jenis huruf yang digunakan adalah Garamond ukuran 12, dan untuk tulisan Arab dengan font Traditional Arabic 16pt, naskah maksimal memuat 20 halaman terdiri atas pendahuluan, metode penelitian, kajian teori, pembahasan hasil penelitian, kesimpulan dan daftar rujukan.
Setiap Subbab (pendahuluan, metode penelitian, kajian teori, pembahasan hasil penelitian, dan kesimpulan) diketik dengan urutan A, B, C, D, dan ditulis dengan huruf tebal Garamond 21pt.
METODE PENELITIAN;
Metode peneltian berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target atau sasaran, sebjek penelitian, prosedur, instrument dan tekhnik analisis data serta hal-hal lain yang terkait dengan metode penelitiannya. Jika artikel berupa kajian, maka penulis dapat menjelaskan metode yang digunakan untuk memperoleh bahan kajian dan cara menganalisisnya. Dalam subbab ini tidak perlu dijelaskan secara rinci metode yang digunakan, cukup dijelaskan metode ringkas sehingga metode yang digunakan mudah dipahami.
KAJIAN TEORI
Kajian teori berisi kutipan teori hasil penelitian oleh para ahli dibidangnya. Hendaknya teori yang dirujuk adalah teori yang relevan dengan judul penelitiannya, dan diusahakan menganmbil rujukan terbaru
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
Teks menggunakan font Garamond 12pt, spasi 1,15 dan dalam satu kolom. Subbab ini berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasul penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaaan hasil dan pembandingan dengan teori dan atau hasil penelitian sejenis. Pembahasan bisa berupa table, gambar atau ilustrasi lainnya, kemudian dilanjutkan denga ilustrasi menjadi narasi yang rasional dan mudah dimengerti.
Pada subbab ini dimungkinkan untuk menambahkan bagian lain sesuai kebutuhan. Bagian dapat terdiri dari sub-bagian, diketik dengan huruf tebal dan miring, seperti contoh berikut:
1. Sub-bagian sebagai Bagian dari Bagian Induknya
Anda tidak perlu manambahkan aturan khusus dalam mengetikkan teks isi di bawah sub bagian. Teks isi di sini diketik seperti teks isi lainnya.
2. Sub-bagian lainnya
Meskipun anda mungkin memerlukan sub-judul lain dibawah sub-bagian ini, tetapi tidak disarankan untuk melakukannya.
SIMPULAN
Teks menggunakan font Garamond 12pt, spasi 1,15 dan dalam satu kolom. Berikan komentar penulis disini sebagai pernyataan penutup. Ini bisa menjadi kesimpulan akhir dari diskusi dan analisis penulis serta rekomendasi untuk proyek penelitian lebih lanjut. Di bagian ini juga dapat memberikan pengakuan untukorang-orang dan pihak-pihak yang mendukung penelitiannya.
PENGECEKKAN PLAGIASI
Artikel yang masuk (Submit) akan dicek palgiasi (maksimal 30%) dengan bantuan aplikasi bebas plagiasi, selanjutnya akan menyesuaikan mekanisme pada manajerial OJS Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember.
PENULISAN FOOTNOTE
Pengutipan refrensi menggunakan catatan kaki (footnote) yang mengacu pada format Chicago Manual of Style 17th edition (full note). Perujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memprioritaskan kebaruan sumber referensi dan memerhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam Ensiklopedia artikel jurnal versi cetak, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah atau surat kabar), artikel dalam internet, skripsi, tesis, disertasi, kitab suci, wawancara, maupun observasi di lapangan.
Contoh Foot Note:
F. Chalmers, Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra (Jakarta: Hasta Mitra, 1983), 26.
Nadîm Marghalî dan Usâmah Marghalî, al-Murshid ilâ Kanz al-‘Ummâl fî Sunan al-Aqwâl wa al-Af‘âl, Vol. 1, H}adîth ke-2454 (Beirut: Muassasat al-Risâlah, Cet. Ke-3, 1989), 121.
Samsu Rizal Panggabean, “Dîn, Dunyâ, dan Dawlah” dalam Taufik Abdullah, dkk (eds.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6 (Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.), 50.
Faisol, “Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi al-Qur’an”, Islamica: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 11, No. 2 (Maret 2017), 365.
Muhammad AS Hikam, “NU dan Gerakan Civil Society di Indonesia”, Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994, 1.
Hâshim Sâlih, “Jamâl al-Bannâ bayn al-Is}lâh} al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www.assyarqalawsat .com/24 Mei 2004 /diakses 20 Juni 2008.
Thoha Hamim, “Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961), (Disertasi--McGill University, 1996), 81.
Q.S. al-Fâtih}ah [1]: 4.
Muhammad Zaki, Wawancara, Jember 15 Januari 2018.
Observasi di Surabaya 12 Juni 2017.
PENULISAN DAFTAR RUJUKAN
Istilah yg dipakai adalah daftar rujukan bukan daftar pustaka. Ditulis lengkap sesuai dengan rujukan yang dikutip dalam artikel. Penulisan daftar rujukan dengan font Garamond 12pt, spasi 1, dan berjarak (After teks) 6pt antar rujukan. Artikel memiliki 10 referensi baru atau lebih dan 60% adalah jurnal. Sebagian besar referensi adalah riset mutakhir dalam lima tahun terakhir. Contoh sebagai berikut:
Banna (al), Jamâl. Nah}w Fiqh Jadîd: Munt}aliqât wa Mafâhîm. Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 1999.
Zehfuss, Maja. Constructivism in International Relations: The Politics of Reality. Cambridge: Cambridge University Press, 2004.
Scaffa, Marjorie E., Maggie Reitz, and Michael A. Pizzi. Occupational Therapy in the Promotion of Health and Wellness. Chicago: American Medical Association, 2010.
Chalmers, A. F. Apa itu yang Dinamakan Ilmu? Suatu Penilaian tentang Watak dan Status Ilmu serta Metodenya, terj. Redaksi Hasta Mitra. Jakarta: Hasta Mitra, 1983.
Nadîm Marghalî dan Usâmah Marghalî. al-Murshid ilâ Kanz al-‘Ummâl fî Sunan al-Aqwâl wa al-Af‘âl, Vol. 1, H}adîth ke-2454. Beirut: Muassasat al-Risâlah, Cet. Ke-3, 1989.
Sarjuni. Anarkisme Epistemologis Paul Karl Feyerabend, dalam Listiyono Santoso dkk, Epistemologi Kiri. Yogyakarta: ar-Ruzz, 2003.
Panggabean, Samsu Rizal. Dîn, Dunyâ, dan Dawlah dalam Taufik Abdullah, dkk (eds.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.
Kurland, Philip B., and Ralph Lerner, eds. The Founders’ Constitution. Chicago: University of Chicago Press, 1987. http://press-pubs.uchicago.edu/founders/.
Faisol, M. “Interpretasi Kisah Nabi Musa Perspektif Naratologi al-Qur’an”, Islamica: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 11, No. 2 Maret 2017.
Hilmy, Masdar The Politics of Retaliation: the Backlash of Radical Islamists to the Deradicalization Project in Indonesia. Al-Jamiah: Jurnal of Islamic Studies, Vol. 51, No. 1 (2013), 129.
Hikam, Muhammad AS. NU dan Gerakan Civil Society di Indonesia, Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994.
Sâlih, Hâshim. “Jamâl al-Bannâ bayn al-Is}lâh} al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www.assyarqalawsat .com/24 Mei 2004 /diakses 20 Juni 2008.
Hamim, Thoha. Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961). Disertasi-McGill University, 1996.
Muhammad Zaki, Wawancara, Sidoarjo 15 Januari 2017.
Observasi di Surabaya 12 Juni 2017.
Q.S. al-Fâtih}ah [1]: 4.
Perjanjian Baru, Yoh. 20: 31.
Untuk Informasi lengkap penulisan di FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam bisa dilihat di Tempalte Juornal