ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN DI NIKO BUSANA JEMBER
Abstract
Pada era globalisasi saat ini persaingan bisnis antar
perusahaan sangat ketat, baik di pasar domestik maupun di pasar
intemasional. Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan
keunggulan kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang
atau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing, penyerahan lebih
cepat, dan layanan yang baik kepada pelanggan. Penelitian ini merupakan
model penelitian survei, mengambil sampel dari suatu populasi dengan
menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Unit sebagai obyek
analisis dalam penelitian ini adalah pembeli pada Nico Busana di Kab
Jember. Dari kelima variabel bebas yaitu faktor 1 (physical aspect), faktor 2
(reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor 4 (problem solving), dan
faktor 5 (policy) ternyata secara parsial berpengaruh sangat signifikan
terhadap faktor 6 (keputusan membeli) di Nico Busana Jember. Adapun
kelima variabel bebas yang diteliti terbukti bahwa variabel bebas faktor 1
(physical aspect), faktor 2 (reliability), faktor 3 (personal interaction), faktor
4 (problem solving), dan faktor 5 (policy) mempunyai koefisien beta
sebesar 0,332; 0,510; 0,106; 0,045 dan 0,215, sehingga hipotesis kedua
dinyatakan diterima. Kelima variabel bebas yang mempunyai pengaruh
dominan terhadap keputusan membeli di Nico Busana Jember adalah
faktor 2 (reliability) yang ditunjukkan oleh koefisien beta terbesar yaitu
0,510, sehingga hipotesis ketiga dinyatakan ditolak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.