ANALISIS PENGARUH KUALITAS EDUKASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA SALON DAN KLINIK KECANTIKAN
(Studi Kasus Konsumen Salon dan Klinik Kecantikan di Tiga Kecamatan yang berada di kawasan Kota Jember)
Abstract
Penelitian tentang “Analisis Pengaruh Kualitas Edukasi Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Jasa Salon dan Klinik Kecantikan di Kota Jember”. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen Salon dan klinik kecantikan di Kota Jember; (2) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap ,jaminan dan empati terhadap loyalitas konsumen Salon dan Klinik kecantikan di Kota Jember; (3) menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen salon dan klinik kecantikan di Kota Jember. Populasi dalam penelitian ini seluruh kosumen salon dan klinik kecantikan di tiga kecamatan yang berada di kawasan Jember Kota yaitu kec. Patrang, kec.Sumbersari dan kec.Kaliwates dengan jumlah salon dan klinik kecantikan sebanyak 39, dengan jumlah konsumen semanyak 5040 yang menggunakan jasa salon dan klinik kecantikan. Penentuan jumlah sampel sebanyak 140 konsumen, pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode persamaan struktural. Dan hasil analisis menunjukkan bahwa kelima variabel dimensi kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas baik secara langsung maupun secara tak langsung melalui kepuasan konsumen. Daya tanggap
merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, sedang variabel yang terendah pengaruhnya adalah reliabilitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.