HUBUNGAN KONDISI KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS AL-AZHAR MUKTISARI KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Kurnaini

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kondisi
kelas dengan motivasi belajar siswa, dengan fokus pada masalah: 1.
Bagaimanakah hubungan kondisi kelas dengan motivasi belajar siswa. 2.
Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan motivasi intrinsik
belajar siswa. 3. Bagaimanakah hubungan kondisi fisik kelas dengan
motivasi ekstrinsik belajar siswa. 4. Bagaimanakah hubungan kondisi non
fisik kelas dengan motivasi intrinsik belajar siswa. 5. Bagaimanakah
hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi ekstrinsik belajar siswa.
Dengan menggunakan tehnik analisa data kuantitatif Yule’s Q, maka
diperoleh hasil sebagai berikut : Pertama, Terdapat hubungan kondisi kelas
dengan motivasi belajar siswa. Kedua, Terdapat hubungan kondisi fisik
kelas dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa. Ketiga.
Terdapat hubungan kondisi non fisik kelas dengan motivasi intrinsik dan
ekstrinsik belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1.
Siswa-siswi hendaknya menjaga dan memelihara kelas dan lingkungan
sekolahnya dengan baik karena secara signifikan kondisi kelas yang bersih
ada pengaruhnya dengan motivasi belajar siswa. 2. Sebagai masyarakat
sekolah, seorang siswa atau siswi hendaknya lebih disiplin lagi dalam
mematuhi peratuhan disekolah seperti tidak membuang sampah
sembarangan, mencorat-coret dinding sekolah, dan lainnya. 3. Motivasi
juga sangat perlu ditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi,
akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak. 4. Pihak sekolah juga
harus memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh siswa-siswi
untuk mempermudah proses pembelajaran guna mendukung atau
memotivasi kegiatan yang dilakukan siswa-siswi disekolah

Published

2020-03-01

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar