Pengaruh Content Marketing dan Self Monitoring terhadap Minat Beli pada Akun Tiktok @JINISO.ID
Abstract
Konsumen yang sering terpapar promosi di TikTok mungkin membeli produk karena pengaruh kelompok sosial atau tren, bukan karena kebutuhan pribadi. Hal ini bisa menyebabkan ketergantungan pada opini eksternal dalam pengambilan keputusan pembelian. Karena konsumen yang sering terpapar promosi di TikTok mungkin membeli produk karena pengaruh kelompok sosial atau tren, bukan karena kebutuhan pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh content marketing dan self-monitoring terhadap minat beli pada akun TikTok @jiniso.id. Metode kuantitatif digunakan, dengan jumlah sampel sebanyak 281 perempuan berusia 18-15 tahun yang berdomisili di Gerbangkertosusila sebagai responden. Menggunakan regresi berganda untuk analisis data, dengan hasil bahwa content marketing dan self-monitoring memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pelanggan untuk melakukan pembelian melalui akun TikTok @jiniso.id. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui content marketing dan self-monitoring dapat mempengaruhi minat beli seseorang. Peningkatan dalam kedua variabel tersebut akan diikuti dengan peningkatan minat beli. Temuan ini menunjukkan bahwa content marketing yang efektif, yang disesuaikan dengan preferensi konsumen, dan kemampuan konsumen untuk memantau dan menyesuaikan perilaku mereka, berperan penting dalam mendorong minat beli pada akun tiktok @jiniso.id. Penelitian ini juga memberikan kontribusi baru dalam pemahaman mengenai pengaruh self-monitoring terhadap minat beli, yang sebelumnya belum banyak diteliti.
Kata Kunci: Content marketing ; Minat Beli ; Self-monitoring