Vol. 13 No. 2 (2025): November
Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember, Edisi November, Vol. 13 No. 2 (2025), berisi sepuluh artikel yang mencerminkan keragaman fokus kajian Pendidikan, Pembelajaran, Bimbingan dan Konseling. Artikel pertama membahas resiliensi akademik pada siswa tanpa figur ayah dengan menyoroti risiko psikososial dan dukungan sekolah sebagai pelindung. Artikel kedua mengevaluasi peran layanan bimbingan kelompok dalam pembentukan disiplin belajar siswa. Artikel ketiga mengulas penerapan project-based learning dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis pada materi bioteknologi, sementara artikel keempat menelaah gamifikasi sebagai strategi pedagogis untuk mengurangi ketergantungan gadget. Artikel kelima menyoroti integrasi nilai kewarganegaraan dalam pembelajaran ekonomi guna membentuk karakter moral dan integritas siswa. Artikel keenam menegaskan peran layanan informasi karier dalam mendukung proses pengambilan keputusan karier yang terarah. Artikel ketujuh menyajikan tinjauan sistematis terkait tren microlearning dalam teknologi pendidikan. Artikel kedelapan mengkaji kebutuhan penguatan psychological adjustment bagi warga binaan perempuan melalui pendekatan bimbingan konseling. Artikel kesembilan menawarkan kerangka konseling berbasis humanistik dalam mendukung kesejahteraan akademik pada konteks Kurikulum Merdeka. Artikel terakhir yakni yang kesepuluh menganalisis hubungan gaya hidup dengan perilaku konsumtif mahasiswa dan implikasinya terhadap pembinaan karakter finansial.
Secara keseluruhan, artikel-artikel dalam edisi ini menunjukkan kesinambungan antara penelitian teoretis, praktik empiris, dan inovasi pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan pendidikan modern. Terbitan ini diharapkan menjadi kontribusi signifikan bagi pengembangan praktik Pendidikan, Pembelajaran, Bimbingan dan Konseling, serta kebijakan yang lebih humanis, kontekstual, dan berorientasi pada pemberdayaan peserta didik di berbagai lingkungan pendidikan.
Full Issue
Articles
-
Resiliensi Akademik Siswa Fatherless : Tinjauan Literatur Faktor Risiko dan Faktor Protektif Di Lingkungan Sekolah
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4865
Abstract View: 56,
pdf Download: 36
-
Peran Guru BK dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa SMAK Giovanni Kupang Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4832
Abstract View: 53,
pdf Download: 36
-
Penggunaan Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Bioteknologi
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4801
Abstract View: 50,
pdf Download: 23
-
Gamifikasi sebagai Strategi Edukatif dalam Mengurangi Ketergantungan Gadget Siswa di Era Digital
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4823
Abstract View: 57,
pdf Download: 29
-
Integrasi Nilai-nilai Kewarganegaraan dan Sosial dalam Pembelajaran Ekonomi untuk Membentuk Karakter Siswa yang Berintegritas
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4862
Abstract View: 52,
pdf Download: 17
-
Layanan Informasi Karir dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa Di SMA Katolik Giovanni Kupang
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4824
Abstract View: 45,
pdf Download: 22
-
Tinjauan Systematic Literature Review Tentang Microlearning: Tren dan Implikasi Teknologi dalam Konteks Pendidikan
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4855
Abstract View: 59,
pdf Download: 38
-
Analisis Kebutuhan Penguatan Psychological Adjustment Warga Binaan Perempuan dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4910
Abstract View: 79,
pdf Download: 26
-
Developing a Humanistic Counseling-Based Framework to Enhance Students’ Academic Well-Being in the Merdeka Curriculum Context
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4968
Abstract View: 58,
pdf Download: 29
-
Pengaruh Penggunaan GIS terhadap Kemampuan Analisis Spasial Siswa SMA di Payakumbuh
DOI :
https://doi.org/10.56013/edu.v13i2.4877
Abstract View: 0,
pdf Download: 0













a 


