Vol. 13 No. 2 (2025): November

					View Vol. 13 No. 2 (2025): November

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember, Edisi November, Vol. 13 No. 2 (2025), berisi sepuluh artikel yang mencerminkan keragaman fokus kajian Pendidikan, Pembelajaran, Bimbingan dan Konseling. Artikel pertama membahas resiliensi akademik pada siswa tanpa figur ayah dengan menyoroti risiko psikososial dan dukungan sekolah sebagai pelindung. Artikel kedua mengevaluasi peran layanan bimbingan kelompok dalam pembentukan disiplin belajar siswa. Artikel ketiga mengulas penerapan project-based learning dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis pada materi bioteknologi, sementara artikel keempat menelaah gamifikasi sebagai strategi pedagogis untuk mengurangi ketergantungan gadget. Artikel kelima menyoroti integrasi nilai kewarganegaraan dalam pembelajaran ekonomi guna membentuk karakter moral dan integritas siswa. Artikel keenam menegaskan peran layanan informasi karier dalam mendukung proses pengambilan keputusan karier yang terarah. Artikel ketujuh menyajikan tinjauan sistematis terkait tren microlearning dalam teknologi pendidikan. Artikel kedelapan mengkaji kebutuhan penguatan psychological adjustment bagi warga binaan perempuan melalui pendekatan bimbingan konseling. Artikel kesembilan menawarkan kerangka konseling berbasis humanistik dalam mendukung kesejahteraan akademik pada konteks Kurikulum Merdeka. Artikel terakhir yakni yang kesepuluh menganalisis hubungan gaya hidup dengan perilaku konsumtif mahasiswa dan implikasinya terhadap pembinaan karakter finansial.

Secara keseluruhan, artikel-artikel dalam edisi ini menunjukkan kesinambungan antara penelitian teoretis, praktik empiris, dan inovasi pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan pendidikan modern. Terbitan ini diharapkan menjadi kontribusi signifikan bagi pengembangan praktik Pendidikan, Pembelajaran, Bimbingan dan Konseling, serta kebijakan yang lebih humanis, kontekstual, dan berorientasi pada pemberdayaan peserta didik di berbagai lingkungan pendidikan.

Published: 2025-11-30

Articles