MENGAKTUALISASIKAN METODE PENDIDIKAN ISLAM BERLANDASKAN HADIS UNTUK GENERASI MILENIAL

Authors

  • Siti nurlatifa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Irsyad Zafir Ramadhan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ana Rahmawati Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v4i1.2275

Keywords:

Metode; Pendidikan Islam; Millenial

Abstract

Perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari berbagai faktor, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai faktor penentu dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan kredibel dalam upaya membangun bangsa. Selanjutnya, dalam upaya mengarahkan dan merumuskan para peserta didik menuju yang lebih baik, metode pendidikan menjadi perhatian utama di Indonesia. Mengingat beban mata pelajaran yang besar dan kurangnya disiplin belajar, diperlukan solusi agar peserta didik dapat dengan cepat menyerap dan mengaplikasikan hasil pembelajaran. Dalam pendidikan Islam, metode memiliki posisi yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Metode menjadi sarana untuk memberikan makna pada materi pelajaran yang disusun dalam kurikulum pendidikan, sehingga dapat dipahami dan diinternalisasi oleh peserta didik dalam tingkah laku mereka. Diera modern ini kita sering mendengar istilah generasi milenial yang secara umum memiliki karakter sangat akrab dengan media dan internet. Mereka juga terbuka terhadap ide dan gagasan orang lain.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

nurlatifa, S. ., Ramadhan, I. Z. ., & Rahmawati, A. . (2024). MENGAKTUALISASIKAN METODE PENDIDIKAN ISLAM BERLANDASKAN HADIS UNTUK GENERASI MILENIAL. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.56013/fj.v4i1.2275