Penerapan Metode Latihan dan Praktik Pada Pembelajaran Kaligrafi Dalam Peningkatan Kualitas Menulis Arab Siswa Kelas VII SMP PLUS Darus Sholah Jember

Authors

  • Luluk Mashluchah Universitas Islam Jember
  • Ghusniatun Aliyah Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2654

Abstract

Abstrak

Kaligrafi merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan dan masuk pada kurikulum sekolah. Proses pengajaran  praktik menulis kaligrafi  di lakukan perindividu yaitu maju satu persatu kedepan untuk mengetahui letak benar dan salah dalam menulis huruf hijaiyah. Untuk itu sebagai pengajar sebaiknya memaksimalkan pendidikan dan perhatian agar kualitas menulis arab dan potensi dalam diri anak bisa berkembang maksimal. Berdasarkan keterangan tersebut peneliti menentukan fokus penelitian  sebagai berikut : 1.) Bagaimana perencanaan Penerapan Metode Latihan dan Praktik Pada Pendidikan Seni Kaligrafi  Dalam Peningkatan Kualitas Tulisan Arab Siswa kelas VII SMP PLUS Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2.) Bagaimana pelaksanaan Penerapan Metode Latihan dan Praktik Pada Pendidikan Seni Kaligrafi  Dalam Peningkatan Kualitas Tulisan Arab Siswa kelas VII SMP PLUS Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 3.) Bagaimana evaluasi  Penerapan Metode Latihan dan Praktik Pada Pendidikan Seni Kaligrafi  Dalam Peningkatan Kualitas Tulisan Arab Siswa kelas VII SMP PLUS Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? Peneliti  menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data dalam hal ini peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data – seperti yang di definisikan oleh ahli statistika John W. Turkey (1961) adalah merupakan prosedur ) untuk menganalisis data. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Penerapan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi, pengajar kaligrafi menggunakan metode latihan dan praktik. Yang sudah di sesuaikan dengan kemapuan anak. Agar dapat semangat dalam belajar. (2) pelaksanaan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi, yaitu di lakukan dengan di bimbing satu persatu secara bergantian. Agar anak dapat memahami sesuai dengan kemampuannya dan pembelajaran menjadi tidak membosankan. (3) Hasil penerapan metode latihan dan praktik pada pembelajaran kaligrafi, Dapat ditandai dengan Hal ini di tandai dengan antusias anak yang semangat dalam belajar, sering bertanya dan juga aktif dalam mengejarkan latihan dari pengajar. Juga dilihat dari prestasi yang di capai dalam mengikuti lomba kaligrafi.

 

Kata Kunci : Metode Latihan dan Praktik, Pembelajaran Kaligrafi,Kualitas Menulis Arab.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Mashluchah, L. ., & Aliyah, G. (2024). Penerapan Metode Latihan dan Praktik Pada Pembelajaran Kaligrafi Dalam Peningkatan Kualitas Menulis Arab Siswa Kelas VII SMP PLUS Darus Sholah Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 210–222. https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2654