IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HABIT FORMING DALAM KEGIATAN SHOLAT DHUHA DI MTS AKBAR

Authors

  • Moh. Qurtubi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2919

Keywords:

Model Pembelajaran; Habit Forming; Sholat Dhuha

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia, karena manusia saat dilahirkan tidak mengetahui sesuatu apapun, sehingga suatu pendidikan memerlukan  sebuah  metode agar peserta didik terbiasa dengan hal yang positif yaitu salah satu metodenya adalah Habit forming yang artinya adalah peserta didik diajarkan untuk membiasakan berprilaku terpuji dan disiplin dan semangat belajar, bekerja keras,iklas,jujur, dan bertanggung jawab atas setiap tugas yang telah di berikan. Pembiasaan artinya suatu yang di sengaja dilakukan secara berulang ulang agar sesuatu itu dapat menjadi kebiasaan. Berangkat dari permasalahan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah : 1. Ingin mengetahui implementasi model pembelajaran habit forming dalam kegiatan sholat dhuha siswa MTs Akbar tahun pelajaran 2023/2024.  2. Ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaaan model pembelajaran habit forming dalam kegiatan sholat dhuha siswa MTs Akbar tahun ajaran 2023/2024. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik penentuan informanya menggunakan purposive sampling. Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analis data menggunakan kondensi data, penyajian data dan penarikan data kesimpulan atau vertivikasi. Keabsahan data mengunakan trigulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan, 1. implementasi model pembelajaran habit forming yaitu : a. persiapan kegiatan sholat dhuha siswa MTs Akbar di laksakan 06:30 dengan guru yang bertugas mengontrol siswa-siswi yang baru datang segera mengambil wudhu b. Pelaksanaan kegiaan sholat dhuha siswa MTs Akbar di laksanakan pada tahun 2003, dilaksanakan setiap hari dan diwajibkan untuk seluruh siswa-siswi serta guru secara berjemaah. c. Evaluasi kegiatan sholat dhuha siswa MTs Akbar dengan menilai hasil pengamatan siswa , menilai hasil kerja siswa, pemberian tugas baik di rumah maupun di sekolah. 2. faktor pendukung dan penghambat pelaksanaaan dalam kegiatan sholat dhuha siswa MTs Akbar lingkungan sekolah, fasilitas yang sangat memadai, motivasi siswa, dan minat siswa di bawah rata-rata.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Qurtubi, M. . (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HABIT FORMING DALAM KEGIATAN SHOLAT DHUHA DI MTS AKBAR. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2919