Analisis Isi Pesan Iklan Gojek -Jangan Sepelekan Kekuatan Dari Sebuah Jempol #kasihjempol

Authors

  • Gusti Alamsyah Fajar Firdaus Universitas Islam Jember
  • Ahmad Fauzi Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v11i1.2987

Keywords:

Pesan, Iklan, Semiotika

Abstract

Periklanan adalah komunikasi massa yang meliputi sponsor. Tugasnya adalah mempromosikan jasa atau layanan agar bisa dikenal oleh khalayak luas. Salah satunya adalah iklan dari perusahaan startup karya anak bangsa yang bernama Gojek. Gojek adalah aplikasi penyedia transportasi yang digunakan pada ponsel pintar. Melalui akun youtube official Gojek Indonesia, menayangkan video iklan yang berjudul “Jangan sepelekan kekuatan dari sebuah jempo #KasihJempol”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja pesam denotatif, konotatif dan mitos yang terdapat di dalam iklan Gojek “ Jangan sepelekan kekuatan sebuah jempol #KasihJempol”. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, menggunakan analisis semiotika milik Roland Barthes yang mengkaji sebuah tanda melalui makna denotatif, konotatif dan mitos untuk menemukan sebuah pesan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah menjaga ketikan dan berkomentar dalam bersosial media, makna sebuah api yang bisa menjadi penerang dalam kegelapan sekaligus penyulut perang tergantung bagaimana kita menggunakannya, hormat antar sesama manusia, kepiawaian tangan dalam membuat makanan, jempol yang digunakan sebagai isyarat untuk berbagai hal, peran orang tua anak-anaknya, isyarat jempol sebagai bentuk dukungan semangat. Jempol hanya sebagai ibu jari, tapi memiliki banyak sekali pengaruh besar untuk diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar kita, bisa berisi hal positif juga hal negatif tergantung bagaimana niat kita menggunakannya.

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles