IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE AMTSILATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM SUMBER KEJAYAN MAYANG JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1633Keywords:
Metode Amtsilati; Kitab Kuning; Membaca KitabAbstract
Dalam konteks kehidupan kita di Indonesia, dari keempat aspek kemampuan berbahasa, yang harus diprioritaskan adalah kemampuan membaca. Jika kemampuan membaca ini sudah memadai, maka mudah pula kita untuk menguasai aspek-aspek kemampuan lainya, oleh karena itu amtsilati merupakan ilmu dasar yang bersifat stategis. Dikatakan strategis, karena dengan menguasai ilmu ini baik teori maupun praktek, maka kita dengan sendirinya akan mampu membaca dengan benar dan memahami dengan tepat kitab-kitab yang berbahasa arab terutama al-Qur’an dan al- Hadits, serta kitab yang lain seperti kitab kuning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan metode amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri. Lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sumber Kejayan Mayang Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan metode berfikir induktif. Untuk menganalisis datanya menggunakan metode deskriftif kualitatif. Adapun proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan penggunaan metode amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri dengan meninjau kesiapan santri terhadap metode yang akan di terapkan kemudian memasukkan metode Amtsilati ke dalam jadwal pembelajaran. Adapun evaluasi amtsilati dengan tes baca kitab kuning di kelas, dan uji kompetensi di depan publik pada saat haflatul imtihan dan maulid nabi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.