ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI MEDIA BUKU DONGENG KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggi Vivi Ana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1649

Keywords:

Ketrampilan Menulis; Dongeng; Kendala Menulis

Abstract

Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan seseorang untuk digunakan untuk mengungkapkan sebuah pendapat, ide, pikiran, atau gagasan melalui media tulisan untuk dapat dibaca oleh orang lain, untuk melatih keterampilan menulis siswa dapat dilakukan dengan cara berlatih menulis dongeng. Kesulitan yang dialami siswa dalam menuliskan kembali dongeng dengan bahasa sendiri adalah sulit dalam menemukan sinonim kata. Faktor lain yang dialami siswa kelas 2 adalah rendahnya penguasaan teknik menulis, seperti siswa tidak memperhatikan ejaan tanda baca. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan hasil keterampilan menulis kembali dongeng menggunakan media buku dongeng serta mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi keterampilan menulis kembali saat
menggunakan media buku dongeng. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan adalah nilai rata-rata dari keseluruhan hasil tes siswa adalah 67,3 yang masuk pada kriteria penilaian baik dan aspek yang meliputi ejaan dan tanda baca, penyusunan paragraf serta kerapihan tulisan menjadi kendala siswa dalam menulis kembali dongeng. Nilai rata-rata yang diperoleh dari keseluruhan hasil tes siswa dapat bahwa sebanyak 4 siswa memperoleh kriteria “Sangat Baik”, sebanyak 8 siswa memperoleh krieria “Baik”, sebanyak 6 siswa memperoleh kriteria “Cukup”, 1 siswa memperoleh kriteria “Kurang” dan 1 siswa memperoleh kriteria “Sangat Kurang”.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Vivi Ana, A., Umam, N. K. ., & Nugroho, A. S. . (2022). ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SISWA MELALUI MEDIA BUKU DONGENG KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–180. https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1649

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar