MODEL THE LEARNING CELL UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA

Authors

  • Beby Dwi Febriyanti Universitas Islam Jember

Abstract

Belajar hakikatnya untuk mengembangkan kemampuan siswa baik secara akademis maupun nonakademis. Selain untuk mencapai tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar dan indikatornya, dalam proses pembelajarannya juga perlu mengembangkan aspek kepribadian siswa. Guru harus menjadi fasilitator siswa agar semakin terampil di berbagai bidang. Pengembangan diri yang dapat guru tingkatkan dan dapat diinternalisasikan melalui kegiatan pembelajaran adalah kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. Kedua hal ini kelak diperlukan siswa sebagai bekal untuk siap dan berani menyampaikan aspirasi di masyarakat. Model pembelajaran the learning cell, merupakan cara pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif melalukan interaksi dengan sesama teman serta mendorong siswa agar terbiasa tampil di hadapan temannya yang lain. Melalui kegiatan tersebut, maka keaktifan siswa ditingkatkan, secara tidak langsung pula maka siswa yang mendapat giliran memberi pertanyaan dan menjawab tersebut dilatih percaya diri dalam menyampaikan, serta kemampuan komunikasi secara lisan juga ikut terlatih.

Published

2024-01-20

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar