MODEL THE LEARNING CELL UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56013/alashr.v8i2.2421Keywords:
Model model the learning cell; Kepercayaan diri; Kemampuan komunikasiAbstract
Belajar hakikatnya untuk mengembangkan kemampuan siswa baik secara akademis maupun nonakademis. Selain untuk mencapai tujuan pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar dan indikatornya, dalam proses pembelajarannya juga perlu mengembangkan aspek kepribadian siswa. Guru harus menjadi fasilitator siswa agar semakin terampil di berbagai bidang. Pengembangan diri yang dapat guru tingkatkan dan dapat diinternalisasikan melalui kegiatan pembelajaran adalah kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi. Kedua hal ini kelak diperlukan siswa sebagai bekal untuk siap dan berani menyampaikan aspirasi di masyarakat. Model pembelajaran the learning cell, merupakan cara pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif melalukan interaksi dengan sesama teman serta mendorong siswa agar terbiasa tampil di hadapan temannya yang lain. Melalui kegiatan tersebut, maka keaktifan siswa ditingkatkan, secara tidak langsung pula maka siswa yang mendapat giliran memberi pertanyaan dan menjawab tersebut dilatih percaya diri dalam menyampaikan, serta kemampuan komunikasi secara lisan juga ikut terlatih.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.