INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI PENGAJIAN KITAB BIDAYATUL HIDAYAH
DOI:
https://doi.org/10.56013/alashr.v8i2.2656Keywords:
Bidayatul hidayah; Pendidikan akhlak; Transformasi nilai; Transaksi nilai; Trans-internalisasi nilaiAbstract
Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan pada era globalisasi ini telah menjadikan situasi dunia menjadi transparan, sekat antara budaya bangsa sudah mulai hilang sehingga berakibat pada mudahnya budaya asing mempengaruhi budaya lain. Untuk membentengi dari hal yang negatif, maka perlu sebuah penanganan yang serius berupa pembinaan akhlak melalui pendidikan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahap transformasi internalisasi, tahap transaksi dan tahap trans-internalisasi nilai pendidikan akhlak melalui pengajian kitab Bidayatul Hidayah Kelas VIII Putri MTs Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa proses yang digunakan dalam mentransfromasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam berupa ceramah (mau'idzah), cerita dan mengambil ibroh, serta metode sorogan. Proses ini digunakan untuk mentransformasikan nilai-nilai akidah, syari’ah dan akhlak. Dimana pada tahap ini diajarkan bagaimana mentransformasikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Sehingga siswa mengetahui dan memahami betul apa diajarkan oleh guru dan apa yang diajari oleh siswa itu sendiri atau melalui diskusi. Pada tahap transaksi nilai-nilai pendidikan akhlak, ditunjukkan pada langkah-langkah berupa pembiasaan dan pemberian hukuman. Pembiasaan ini diterapkan dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam baik dalam akidah, syari’ah dan akhlak. Selanjutnya Dalam tahap transinternalisasi nilai, yang paling berpengaruh adalah keteladanan. Hal ini ditunjukkan pada keteladanan yang dicontohkan langsung oleh pengasuh dan guru. Keteladanan tersebut berupa bagaimana beribadah kepada Allah SWT, bagaimana menjalankan perintah syari’at dan bagaimana berperilaku baik kepada sesama. Kesimpulan penelitian ini, yaitu bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui pengajian Kitab Bidayatul Hidayah ditunjukkan pada beberapa proses antara lain, transformasi nilai pendidikan islam berupa ceramah, cerita, dan sorogan, transaksi nilai berupa pembiasaan dan pemberian hukuman, dan trans internalisasi nilai yang ditunjukkan oleh akhlak yang dicontohkan langsung oleh pengasuh dan para guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.