PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA EKOSISTEM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MI DARUL FALAH AJUNG JEMBER

Authors

  • Emilia Maulidatul Hasanah UIN KHAS JEMBER
  • Nauva Awiddatul Kholidah Universitas Islam Negeri Kiai Achamd Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayogo Universitas Islam Negeri Kiai Achamd Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2905

Keywords:

Diorama media, Science, Elementary School

Abstract

Tiga elemen utama dari media ekosistem adalah elemen-elemen dari air di sekitarnya, seperti tanaman, hewan, atau krustasea, yang menggambarkan tanaman dan hewan yang mengancam ekosistem. Media diorama ekosistem telah dikembangkan sebagai salah satu metode untuk mengajarkan ilmu lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip ekosistem melalui penggunaan dramatisasi. Proses pengembangan media ini melibatkan pengamatan, pembuatan, dan penilaian untuk memastikan keselarasan antara objek pembelajaran dan alat bantu visual yang menarik bagi siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kehadiran diorama ekosistem secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Signifikansi dari temuan penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V di MI Darul Falah.

 

Published

2024-06-30

How to Cite

Emilia Maulidatul Hasanah, Nauva Awiddatul Kholidah, & Muhammad Suwignyo Prayogo. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA EKOSISTEM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MI DARUL FALAH AJUNG JEMBER. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 49–59. https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2905

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar