PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA EKOSISTEM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MI DARUL FALAH AJUNG JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2905Keywords:
Diorama Media; Science; Elementary SchoolAbstract
Tiga elemen utama dari media ekosistem adalah elemen-elemen dari air di sekitarnya, seperti tanaman, hewan, atau krustasea, yang menggambarkan tanaman dan hewan yang mengancam ekosistem. Media diorama ekosistem telah dikembangkan sebagai salah satu metode untuk mengajarkan ilmu lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip ekosistem melalui penggunaan dramatisasi. Proses pengembangan media ini melibatkan pengamatan, pembuatan, dan penilaian untuk memastikan keselarasan antara objek pembelajaran dan alat bantu visual yang menarik bagi siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kehadiran diorama ekosistem secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Signifikansi dari temuan penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas V di MI Darul Falah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.