INTEGRASI NILAI AKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI ISLAMIYAH SEPANJANG GLENMORE

Authors

  • Eka Ramiati Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi, Indonesia
  • Vina Rohmatul Ummah Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2921

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mengintegrassikan nilai akhlak dalam pembelajaran IPA, dalam permasalahan ini tampaknya diperlukan pembelajaran IPA yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan menerapkan integrasi nilai akhlak mulia dalam pembelajaran IPA berbasis yang bersumber pada Al Qur’an dan Hadist diharapkan siswa memiliki pengetahuan yang seimbang dalam memahami sebuah materi. Siswa tidak hanya pandai dalam menguasai materi IPA namun juga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa juga memiliki rasa kecintaan terhadap yang menciptakan alam semesta serta dapat memanfaatkan alam dengan baik.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan Integrasi Nilai Akhlak Mulia dalam pembelajaran IPA di Kelas VI MI Islamiyah Sepanjang Glenmore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan triangulasi data sebagai teknik pengumpulan data. Subjek pada penelitian ini adalah Guru IPA kelas 6 dan siswa kelas 6 MI Islamiyah Sepanjang Glenmore sejumlah 64 yang terdiri dari 2 kelas A dan B. Hasil dari penelitian ini bahwa MI Islamiyah Sepanjang Glenmore menerapkan integrasi nilai akhlak mulia dalam pembelajaran IPA. Adapun penerapannya mulai dari perencanaan, penyusunan materi hingga pelaksanaan.

 

Published

2024-06-30

How to Cite

Ramiati, E., & Rohmatul Ummah, V. . (2024). INTEGRASI NILAI AKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI ISLAMIYAH SEPANJANG GLENMORE. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 20–33. https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2921

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar