MODEL GURU YANG IDEAL DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN
Keywords:
Learning, Ideal TeacherAbstract
Pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan proses belajar. Pembelajaran juga dikatakan sebagai proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada peserta didik dalam melakukan proses belajar. Peran dari guru sebagai pembimbing bertolak dari banyaknya peserta didik yang bermasalah. Dalam belajar tentunya banyak perbedaan, seperti adanya peserta didik yang mampu mencerna materi pelajaran, ada pula peserta didik yang lambah dalam mencerna materi pelajaran. Kedua perbedaan inilah yang menyebabkan guru mampu mengatur strategi dalam pembelajaran yang sesuai dengan keadaan setiap peserta didik. Oleh karena itu, jika hakikat belajar adalah “Perubahan”, maka hakikat pembelajaran adalah “Pengaturan untuk mengarah pada perubahan. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan memperkuat analisis isi dari berbagai pendapat para ahli.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.