HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 166 BENGKULU UTARA

Indonesia

Authors

  • Siti Nurjanah SDN 166 Bengkulu Utara

Keywords:

Hubungan, Keaktifan Belajar, TPQ, Hasil Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar permasalahan yang ditemui peneliti ketika melakukan observasi, yaitu adanya suatu potensi bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan dengan mengikutsertakan siswa ke lembaga TPQ. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara keaktifan belajar siswa TPQ dengan hasil belajar PAI di SDN 166 Bengkulu Utara.  Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa dari uji korelasional product moment, dapat diketahui bahwa hasil r_(xy   )sebesar 0,992. Kemudian dilanjutkan dengan melihat r tabel nilai koefisien “r” product moment dari 15 siswa adalah 0,553, yang artinya lebih besar dari r tabel, 0,992 > 0,553. Angka tersebut menunjukkan adanya korelasi atau hubungan antara keaktifan belajar siswa TPQ dengan hasil PAI di SDN 166 Bengkulu Utara. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Siti Nurjanah. (2024). HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 166 BENGKULU UTARA: Indonesia. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 129–141. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3297

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar