PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI RUKUN RUKUN SHOLAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD DI SDIT RUHUL JADID BENGKULU UTARA
Indonesia
Keywords:
Kata kunci: Media digital, motivasi belajar, keterlibatan siswaAbstract
Abstrak; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SD di SDIT Ruhul Jadid Bengkulu Utara melalui penggunaan media digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Rukun-Rukun Sholat. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital yang interaktif, seperti video animasi, presentasi PowerPoint, dan game edukatif, efektif dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa. Secara spesifik, peningkatan motivasi belajar siswa meningkat dari 60% menjadi 90%, keterlibatan siswa meningkat dari 70% menjadi 95%, dan pemahaman materi meningkat dari 40% menjadi 90% setelah siklus kedua. Media digital yang digunakan terbukti menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konsep abstrak seperti rukun sholat.
Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis media digital merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di kelas 3 SDIT Ruhul Jadid Bengkulu Utara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.