PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI RUKUN RUKUN SHOLAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD DI SDIT RUHUL JADID BENGKULU UTARA

Indonesia

Authors

  • Renolf Albert SDIT Ruhul Jadid

Keywords:

Kata kunci: Media digital, motivasi belajar, keterlibatan siswa

Abstract

Abstrak; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SD di SDIT Ruhul Jadid Bengkulu Utara melalui penggunaan media digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Rukun-Rukun Sholat. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital yang interaktif, seperti video animasi, presentasi PowerPoint, dan game edukatif, efektif dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa. Secara spesifik, peningkatan motivasi belajar siswa meningkat dari 60% menjadi 90%, keterlibatan siswa meningkat dari 70% menjadi 95%, dan pemahaman materi meningkat dari 40% menjadi 90% setelah siklus kedua. Media digital yang digunakan terbukti menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konsep abstrak seperti rukun sholat.

Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis media digital merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di kelas 3 SDIT Ruhul Jadid Bengkulu Utara.

 

 

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Renolf Albert. (2024). PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PAI MATERI RUKUN RUKUN SHOLAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 SD DI SDIT RUHUL JADID BENGKULU UTARA: Indonesia. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 107–118. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/3298

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar